Pimpin ASEAN, RI Target Komunitas ASEAN 2015

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki

VIVAnews - Indonesia sebagai ketua ASEAN akan fokus pada pembangunan arsitektur regional (regional architecture building) yang salah satu pencapaiannya terbentuk dynamic equilibrium di antara negara-negara anggota.

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di Jakarta, Jumat 26 November 2010. Dia mengatakan bahwa keberhasilan pembangunan arsitektur regional tidak terpisah dari perkembangan ASEAN itu sendiri.

“Evolusi ASEAN menuju lebih baik berkontribusi terhadap regional architecture building, karena ASEAN memiliki pengaruh yang besar dalam kemajuan kawasan,” ujarnya.

Natalegawa menjelaskan bahwa keberhasilan pembangunan arsitektur regional ditandai oleh terwujudnya dynamic equilibrium di antara negara anggota dan kawasan Asia Pasifik. Dynamic Equilibrium, ujar Natalegawa, adalah persamaan kepentingan dan kemajuan dari semua negara anggota.

Dynamic equilibrium terbentuk jika terdapat persamaan di antara negara anggota. Persamaan itu mencakup persamaan keamanan, kemakmuran, kemajuan namun tidak mengancam negara lain, dan tidak adanya kekuatan dominan yang menguasai semuanya,” ujar Natalegawa.

Dia menjelaskan bahwa unsur paling penting dalam perkembangan kawasan adalah terciptanya perdamaian. Jika perdamaian tercipta maka perkembangan akan tetap terjadi.

“Itulah yang terjadi pada beberapa dekade belakangan,” ujar Natalegawa.

Pada kepemimpinan tahun depan, diharapkan Indonesia dapat kembali mencetak nilai-nilai penting. Kepemimpinan Indonesia di ASEAN pada tahun-tahun sebelumnya selalu ditandai oleh pencapaian berupa kesepakatan-kesepakatan penting, di antaranya Bali Concord dan Bali Concord II yang berhasil merumuskan ASEAN Community yang ditargetkan akan terbentuk pada 2015.

“Indonesia akan meningkatkan ASEAN demi terbentuknya komunitas ASEAN 2015, serta membuat kemajuan yang berkesinambungan,” jelasnya.

Salah satu usaha ASEAN untuk meningkatkan kemajuan yaitu dengan memperluas lingkup kerja sama ASEAN dengan negara-negara lain di luar kawasan. Di antaranya dengan China, Jepang, Korea, yang tergabung dalam ASEAN +3, Selandia Baru, India dan Australia, dan tahun depan Rusia dan Amerika Serikat akan bergabung dalam East Asian Summit.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024
Infografik Obat Kuat Pria

Terpopuler: Tentang Nafkah Anak Laki-laki yang Sudah Baliqh sampai Masalah Obat Kuat

Round-up dari kanal Lifestyle pada Jumat, 26 April 2024. Salah satunya tentang penjelasan dokter Boyke tentang obat kuat yang tidak bereaksi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024