1,5 Bulan 2 Jenazah Ini Tertimbun Abu Merapi

Pencarian korban Merapi
Sumber :
  • AP Photo/Trisnadi

VIVAnews - Selama satu setengah bulan terhitung sejak tanggal 5 November 2010, saat erupsi Merapi berlangsung, Tim SAR tidak pernah berhenti melakukan pencarian korban. Hari ini dua jenazah kembali ditemukan.

Ditemukannya dua jenazah ini sekaligus mengakhiri pencarian korban erupsi Merapi yang berada di kawasan Barat dan Timur Kali Gendol di Desa Kepuharjo dan Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, oleh Tim SAR DIY.

“Jadi sebelum mengakhiri pencarian korban erupsi Merapi, hari ini kita menemukan dua jenazah di jalan antara Glagahmalang dan Mancar di pinggiran Kali Gendol. Kemungkinan mereka adalah warga yang bermaksud  menyelamatkan diri saat kawasan ini diterjang lava Merapi tanggal 5 November lalu,'' kata kata Komandan Posko Aju (terdepan) SAR DIY untuk erupsi Merapi, Ferry Ardianto, Minggu, 19 Desember 2010

Kedua jenazah ini sudah dikenali karena kondisinya sangat mengenaskan. Tim SAR langsung membawa dua jenazah ini ke RS Dr Sardjito Yogyakarta untuk proses indentifikasi.

Dengan ditemukannya dua jenazah ini, maka masih ada sembilan warga yang dilaporkan hilang dan hingga saat ini belum ditemukan. Mereka adalah warga Desa Glagaharjo. “Kita sudah berusaha dengan keras, namun usaha itu juga belum menuai hasil,” kata Ferry.

Lebih lanjut Ferry mengatakan, relawan-relawan yang tergabung dalam Tim SAR DIY  melakukan evakuasi mulai 24 Oktober sampai 19 Desemberi. Selama itu, Tim SAR telah mengevakuasi 104 jenazah dan 63 orang yang masih dalam keadaan hidup.

''Di antara mereka yang dievakuasi dalam keadaan hidup ada juga meninggal kemudian,'' tuturnya.

Selama proses evakuasi Merapi ini, kata Ferry, Tim SAR DIY sekurangnya menurunkan 500 relawannya. Di lapangan, mereka bekerja sama dengan anggota TNI dan Polri.

”Operasi Merapi kali ini juga telah menewaskan tiga anggota SAR DIY yang berkedudukan di Glagaharjo. Mereka tewas saat akan menyelamatkan warga Glagaharjo pada erupsi Merapi 5 November 2010," kata Ferry.

Tim SAR yang tewas ini, kata Ferry, akan mendapatkan bintang penghargaan dari Presiden SBY. Anggota Tim SAR yang tewas itu di antaranya adalah Supono dan Ngatiman, warga Kalitengah, Glagaharjo.

Laporan: Juna Sanbawa | Yogyakarta

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) inaugurated several post-disaster tsunami revitalization projects in 2018 during his working visit to Central Sulawesi Province.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024