Kereta Bawa Hadiah Pemimpin Korut Disabot

Kim Jong Un
Sumber :
  • AP Photo/Vincent Yu

VIVAnews - Sebuah kereta yang mengangkut beragam hadiah ulang tahun untuk pewaris kepemimpinan Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, keluar jalur di perjalanan. Diduga kecelakaan yang terjadi di perbatasan China ini adalah akibat sabotase dari pihak penentang Korut.

Berdasarkan laporan intelijen yang disiarkan oleh radio Korea Utara dan dilansir dari laman The Korea Times, Senin 27 Desember 2010, kereta yang membawa kado untuk Jong-un itu keluar dari jalurnya pada 11 Desember lalu. Kereta keluar jalur di dekat perbatasan antara kota Siunuji, China, dan Pyongyang, Korut.

Laporan mengatakan bahwa sabotase dapat terlihat dengan jelas pada rel yang rusak. “Rel di sini memang sudah tua. Namun, rel terlihat rusak parah seperti sengaja dirusak sebelum kereta melintas,” ujar agen intelijen yang tidak disebutkan namanya tersebut.

Menurut sumber, delapan dari 40 gerbong kereta keluar dari jalur. Gerbong ini memuat hadiah ulang tahun bagi Jong-un berupa berbagai jam tangan dan televisi. Tidak ada yang tahu pasti berapa umur Jong-un, tapi diperkirakan usianya pada 8 Januari 2011 nanti adalah 28 tahun.

Perayaan ulang tahun Jong-un nanti akan menjadi perayaan pertama sejak dia terpilih menjadi pewaris kepemimpinan ayahnya, Kim Jong-il. Jong-un adalah anak bungsu dari Jong-il yang diangkat menjadi jenderal bintang empat termuda oleh ayahnya September lalu.

Untuk menyembunyikan usianya, Jong-il melarang para staf negara dan rakyatnya untuk menyebut Jong-un dengan sebutan "jenderal muda." Hal ini untuk menjawab keraguan banyak pengamat yang menganggap bahwa Jong-un masih terlalu muda untuk mewarisi kepemimpinan ayahnya. (art)

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi
Ilustrasi simbol bendera PDIP saat Peringatan puncak Bulan Bung Karno 2023 di GBK

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan

Sikap politik PDIP yang saat ini ditunggu-tunggu, apakah memilih menjadi oposisi dari pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, atau ikut masuk di dalamnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024