Denmark Tangkap 5 Pelaku Teror 'Kartun Nabi'

Pelukis kartun Nabi Muhammad
Sumber :

VIVAnews -- Kontroversi kartun Nabi Muhammad, junjungan umat Muslim, yang digambar kartunis Denmark, Kurt Westergaard belum berakhir.

Tak berhenti dengan protes, kecaman atau ancaman pembunuhan pada si kartunis. Kemarin, aparat Denmark menahan lima orang yang diduga merencanakan serangan teror terhadap gedung koran Jyllands-Posten yang pernah memuat kartun nabi.
 
Mereka mengaku akan melakukan penembakan secara membabi buta di dalam kantor tersebut dan membunuh sebanyak-banyaknya orang.

Seperti dilansir dari laman Associated Press, Rabu, 29 Desember 2010, badan intelijen Denmark melaporkan bahwa mereka menangkap empat orang dalam serbuan ke sebuah daerah di Copenhagen.

Mereka berhasil menemukan senjata otomatis, sebuah peredam dan amunisi.

Orang kelima ditangkap oleh polisi Swedia di Stockholm. Para tersangka yang tidak disebutkan namanya ini berusia antara 29-44 tahun. Masing-masing tersangka berkewarganegaraan Tunisia, Lebanon, Swedia dan Irak.

“Serangan yang akan dilancarkan dalam waktu dekat berhasil dibongkar. Beberapa dari tersangka adalah militan Islam yang mempunyai hubungan dengan jaringan teroris internasional,” ujar kepala Badan Keamanan dan Intelijen Denmark, Jakob Scharf.

Mereka dikenai dakwaan tindakan terorisme dan akan mulai diadili hari ini, Kamis, 30 Desember 2010.

Juru bicara Dewan Muslim Denmar, Zubair Butt Hussain, mengatakan rencana tersebut sangat mengkhawatirkan. “Dewan Muslim sangat mengutuk semua tindakan terorisme apapun motif dibaliknya,” ujar Hussain.

Sementara itu, Menteri Kehakiman Denmark, Lars Barfoed, mengatakan bahwa rencana kelima orang tersebut sangat menakutkan. “Rencana mereka untuk membunuh sebanyak-banyaknya orang sangat menakutkan dan mungkin adalah percobaan teror paling serius di Denmark,” ujar Barfoed.

Pada awal tahun 2006, reaksi dari gambar nabi Muhammad menuai protes dan kecaman dari berbagai negara muslim di dunia karena dinilai menghina Islam.

Menyusul protes tersebut, setidaknya telah terdapat tiga laporan penyerangan terhadap koran-koran Denmark dan para seniman yang telah menggambar 12 kartun nabi sejak tahun 2005. Mereka mengatakan bahwa gambar nabi adalah merupakan bentuk dari ekspresi kebebasan di Denmark. (umi)

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024