DUNIA

Jet Tempur Siluman China Mulai Dipamerkan

Pihak AS serius atas foto-foto yang disinyalir adalah pesawat tempur siluman J-20

ddd
Kamis, 6 Januari 2011, 09:13
Pesawat tempur siluman buatan China seperti yang ditampilkan di laman YouTube
Pesawat tempur siluman buatan China seperti yang ditampilkan di laman YouTube (YouTube)

VIVAnews - China tampaknya serius membuat pesawat jet tempur siluman, sehingga Amerika Serikat (AS) tidak akan lagi sendirian sebagai pemilik mesin perang berteknologi canggih.

Menurut laman harian New York Daily News, pesawat itu disinyalir bernama J-20. Belum ada keterangan resmi dari pemerintah China, foto-foto J-20 sudah tersebar di internet dan telah muncul di surat kabar China berbahasa Inggris, Global Times. Foto J-20 juga sudah muncul di laman YouTube (seperti pada tautan ini).

Koran itu tidak menyebutkan apakah foto-foto itu otentik. Namun, otoritas di China, yang selama ini menerapkan sensor atas semua media massa nasional, mengizinkan penerbitan foto-foto pesawat itu di Global Times.

Menurut sejumlah laman industri penerbangan, foto-foto itu diambil dari luar lapangan terbang milik Institus Desain Pesawat Terbang Chengdu, China bagian barat daya. Kalangan pengamat menilai bahwa pesawat J-20 itu tampak berukuran lebih besar dari rata-rata pesawat tempur buatan Rusia dan AS, namun disinyalir mampu terbang lebih jauh dan bisa membawa senjata lebih banyak.

Sementara itu, ada juga yang bersikap skeptis. Stasiun televisi berita AS, Fox News, menilai pesawat itu tampaknya hanya berupa maket dan belum bisa berfungsi.

Di kalangan pengamat dirgantara mancanegara, upaya China membangun pesawat tempur siluman sudah menjadi rahasia umum. Pada 2009, pejabat tingi Angkatan Udara China, He Weirong, kepada stasiun televisi CCTV mengatakan bahwa pihaknya segera mengujicoba pesawat tempur generasi keempat, yaitu berteknologi siluman, yang artinya sulit dideteksi radar musuh.

He saat itu berharap bahwa pesawat tempur siluman buatan China bisa beroperasi dalam kurun delapan hingga sepuluh tahun mendatang. Militer AS pun mengaku tidak heran bila China berambisi membuat pesawat berteknologi canggih itu.

Jurubicara Departemen Pertahanan AS, Kolonel Dave Lapan, mengatakan bahwa pihaknya serius atas publikasi foto-foto pesawat yang diduga adalah J-20 dan kemungkinan telah melakukan ujicoba berupa taxi test. (sj)

Baca juga: Bayi 'Kembar' Beda Ibu



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
robert
20/01/2011
Kalo China mampu memproduksi pswt siluman anti radar, pswt kita blm ditembak aj udah jatuh duluan..gmn ini? kalo Indonesia membeli sukhoi 4 unit, dtgnya juga dicicil sdngkn China sekali pesan 100 unit..Disana negara adlh no 1, disini duit nw wahid..nasiib
Balas   • Laporkan
window
12/01/2011
To gian. Justru ente kudu takjub hebatnya Alquran ntu bisa tau kejadian masa depan bahwa cina punya ilmu yg lebih dari bangsa lain, buktinya saingan ame amrik. cerita persia n romawi udah ada jg di Alquran bro.. ente aja ga ngarti. ALQURAN SEPANJANG MASA
Balas   • Laporkan
otong
11/01/2011
Saya rasa gak buruk produk cina cuma pengusaha indonesia aja yang buruk memesan barang dengan harga murah model canggih mana bisa tahan ya wajar aja yang perlu disalahkan ya pengusahanya/importir.tanpa produk cina gak mungkin ada hp.laptop,kompi,elekt mrh
Balas   • Laporkan
gian
11/01/2011
to junaedi rasulla: "tholabul illmi walau bis sin" carilah ilmu sampai kenegeri cina.. hadist ini maudhu' (PALSU !) pake logika aja 14 abad yang lalu, dua negara adidaya maju adalah Romawi dan Persia. Cina belum ada apa2nya.masi hula hula lah
Balas   • Laporkan
window | 12/01/2011 | Laporkan
Justru ente kudu jgn pnya pkiran terbelakang. ALQuran itu sepanjang masa bro.. di dalam ALquran sudah tertulis cerita dari moyang Loe ampe hari kiamat, cerita romawi persia udah ada di Alquran, ente aja yg ga baca. Justru ente ga bakal ngerti kok Alguran
jonaedi rasulla
10/01/2011
China memang luarbiasa, produk china murah dan terjangkau, semua bsa ia buat dari tusuk gigi sampai pesawat luar angkasa,hukum berjalan dg baik, koruptor dihukum mati, kayanya kita mesti banyak belajar ke China, seperti hadis nabi SAW 14 abad yg lalu.
Balas   • Laporkan
albert
08/01/2011
perkembangan cina emang gila2an.tapi intinya kualitasnya belom teruji..meraih sih gampang,tapi mempertahankan yg susah.jerman,amerika,jepang,uda bangkotan dl urusan perang dan mesin.so cina?keknya cuma pelengkap dolo deh..
Balas   • Laporkan
ubaycoll1000
07/01/2011
paling sebentar aja rusak,produk china itu ngga ada yang bermutu.HP saya aja baru 2 minggu udah mati earphonenya,4 bulan LCDnya yang rusak.
Balas   • Laporkan
w4ld3x15
06/01/2011
bukan china yg rakus ...tp orang pribumi yg mental tempe,,,kalau mau jujur yg sinis dgn kekuatan china orang mikir kg pake otak tp dengkul,,,, susah china dgn indonesia sm tp itu china tau diri kg pernah minta usaha sendiri,,emang ente maunya d kasih..
Balas   • Laporkan
arismunandar1967
06/01/2011
para pejabat kita banyak yang akan dihukum mati. Maka tdk mungkin mrk mau memproduk UU hukuman mati bagi para koruptor. Membenahi mafia hukum aja nggak mau, apalagi membuat UU hukuman mati bagi koruptor. Kalau sdh begini, msh kah kita percaya mrk ???
Balas   • Laporkan
arismunandar1967
06/01/2011
Kekuatan ekonomi Cina, termasuk Singapura, salah satunya adalah krn banyaknya uang hsl korupsi pejabat kita yg dilarikan ke sana. Koruptor itu mengkhianati bangsa ini, karenanya pantas dihukum mati. Kita tdk bs memproduk UU yg menghukum mati mrk krn......
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com