Target Indonesia Pimpin ASEAN

Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-16 ASEAN
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/ Abror Rizki

VIVAnews - Indonesia pekan ini memulai perannya sebagai Ketua ASEAN. Peran itu sudah dilakukan saat Duta Besar Indonesia untuk ASEAN, I Gede Ngurah Swajaya, memimpin sidang resmi pertama Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara di tahun ini, Kamis 6 Januari 2010.   

Demikian ungkap Sekretariat Jenderal ASEAN yang berkedudukan di Jakarta. Dalam sidang itu, Swajaya menegaskan target Indonesia, yaitu menjadikan ASEAN yang merakyat (people-centered).

"ASEAN yang merakyat merupakan kunci bagi perhimpunan ini agar berguna secara langsung bagi publik sekaligus memenuhi tujuan-tujuan Komunistas ASEAN," kata Swajaya saat memimpin rapat pertama ASEAN tahun ini di Jakarta.

Saat mengadakan rapat bersama Sekretaris Jenderal ASEAN, Surin Pitsuwan, di Istana Merdeka Desember 2010, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap agar masyarakat kian dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan ASEAN. Mereka terdiri dari kaum muda, pelajar, pelaku bisnis, dan organisasi kemasyarakatan di berbagai bidang.

Swajaya juga mengatakan, selain terus memperkuat konsolidasi internal, ASEAN juga akan terus intensif melakukan integrasi ekonomi dan hubungan multisektor di Asia Tenggara.

Indonesia resmi mengambil kepemimpinan tahunan ASEAN dari Vietnam pada 1 Januari 2011. "Indonesia punya bobot, legitimasi internasional, dan harapan global untuk menarik dukungan dan perhatian dari penjuru dunia bagi upaya membangun komunitas ASEAN, dimana kita semua terlibat di dalamnya," kata Surin.

Setelah Indonesia, kepemimpinan ASEAN tahun depan akan menjadi giliran Kamboja.

THR Harus Dibayar Penuh Tak Boleh Dicicil, Menaker Terbitkan SE THR Keagamaan 2024
Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan

Ini Live Streaming Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024