Akun Twitter Milik Korut Disabotase

Tampilan akun milik Korea Utara di laman Twitter
Sumber :
  • Twitter

VIVAnews - Kaum peretas (hacker) berhasil membobol suatu akun di laman media sosial Twitter, yang diduga milik pemerintah Korea Utara (Korut). Pada akun itu, tertulis ajakan untuk menggulingkan pemimpin Korut, Kim Jong-il, dan pewarisnya, Kim Jong-un.

Para peretas juga membuat kartun yang mengolok-olok Kim Jong-un dan gaya hidup mewahnya. Ejekan itu termuat dalam laman berbagi video, YouTube.

Seperti dilansir dari harian The Washington Post, Minggu, 9 Januari 2010, para peretas menuliskan bahwa Kim Jong-il dan anaknya Kim Jong-un adalah musuh bersama yang harus dibasmi. Pada akun pemerintah Korut bernama Uriminzok ini, para peretas juga mengajak membentuk dunia baru.

“Mari menciptakan dunia baru dengan menggulingkan musuh bersama masyarakat, Kim Jong-il, dan anaknya, Kim Jong-un,” tulis pesan (tweet) di akun pemerintah Korut, @uriminzok, yang telah diretas itu.

Setelah pemunculan tweet tersebut, topik tentang Korea Utara menjadi bahan pembicaraan yang panas di kalangan pengguna Twitter. Mereka kebanyakan mengecam biaya yang dikeluarkan pemerintah Korut untuk program nuklir dan pesta minum-minum Kim Jong-il, sementara tiga juta rakyatnya menderita kelaparan dan kedinginan hingga mati.

Sebuah video karikatur yang mencemooh Kim Jong-un sebagai pewaris kepemimpinan ayahnya juga muncul di laman YouTube. Pada video tersebut digambarkan Kim Jong-un tengah mengendarai mobil mewah, menabrak seorang wanita dan anak-anak di tepi jalan, namun Jong-un tidak peduli dan terus melaju. Berdasarkan pantauan VIVAnews, Senin 10 Januari 2011, video itu telah ditarik dari laman YouTube.

Serangan peretas ini diperkirakan tidak akan berpengaruh banyak terhadap kehidupan rakyat Korut. Hal ini disebabkan oleh akses internet yang hanya boleh dipergunakan oleh rakyat kelas atas, sehingga tidak semua rakyat bisa melihatnya. Diduga, serangan peretas ini dilakukan oleh sekelompok peretas asal Korea Selatan.

Serangan ini juga bertepatan dengan hari ulang tahun Kim Jong-un, yang diperkirakan jatuh pada awal Januari. Tidak jelas kapan tanggal dan tahun pastinya. Usia Jong-un tahun ini diperkirakan antara 28 dan 29 tahun.

PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini

Dia merupakan jenderal termuda yang pernah dilantik. Tidak dilaporkan adanya pesta maupun perayaan apapun pada ulang tahun Jong-un, tidak seperti ayahnya, yang menjadikan hari lahirnya sebagai libur nasional.

Ilustrasi biji Kopi.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Bagi banyak orang, kopi adalah minuman wajib untuk memulai hari. Rasanya yang khas dan efek kafeinnya dapat membantu meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024