DUNIA

AS Terkesima Jet Siluman China

"China bisa jadi sudah lebih maju dari yang diperkirakan intelijen kami"

ddd
Rabu, 12 Januari 2011, 09:44
Pesawat tempur siluman buatan China, J-20
Pesawat tempur siluman buatan China, J-20 (AP Photo/Kyodo News)

VIVAnews - China secara resmi mengakui telah melakukan ujicoba penerbangan sebuah pesawat jet tempur berteknologi siluman, J-20. Pengakuan itu disampaikan Presiden Hu Jintao saat menerima tamunya dari Amerika Serikat (AS), Menteri Pertahanan Robert Gates.

Ujicoba itu berlangsung di Chengdu pada Selasa siang, 11 Januari 2011, atau beberapa jam sebelum pertemuan Hu dengan Gates di Beijing. "Saya bertanya langsung kepada Presiden Hu mengenai hal itu. Dia mengatakan bahwa tes itu tidak ada kaitan dengan kunjungan saya dan telah direncanakan sejak lama," kata Gates seperti dikutip stasiun televisi CNN.

"Saya percaya dengan perkataan Presiden Hu, tes itu tidak ada kaitannya dengan kunjungan saya," lanjut Gates.

AS memang menaruh perhatian serius atas upaya China membuat pesawat canggih itu. Selama ini, baru AS yang berhasil memproduksi pesawat tempur siluman, yang terbaru adalah F-22 Raptor.

Dinamakan pesawat siluman, karena jet terbang itu sulit dipantau radar musuh dan bisa menghindari sinar laser. Kini, China ingin menyamai kemampuan teknologi dirgantara AS itu. Rusia pun dikabarkan tidak ingin ketinggalan dalam merancang pesawat siluman buatan sendiri. 

Akhir pekan lalu, sebelum terbang ke Beijing, Gates terkesan dengan kemampuan serta kesungguhan China dalam membuat jet tempur canggih. "Menurut saya, apa yang telah kita saksikan adalah mereka [China] bisa jadi sudah lebih maju dari yang diperkirakan intelijen kami dalam membuat pesawat itu," kata Gates.

Bagi kalangan pengamat, ujicoba J-20 jelang kunjungan Gates ke Beijing memang telah disiapkan China. "Itu sudah direncanakan, pertunjukan klasik dalam mengungkapkan kekuatan," kata pengamat militer China, Richard Fisher. "Mereka [China] ingin Presiden Barack Obama dan Kongres baru AS untuk Hu Jintao - yang akan berkunjung ke AS pekan depan - sebagai pemimpin kekuatan super militer berikutnya, yang tuntutannya harus dipenuhi," kata Fisher.

Pekan lalu, foto-foto J-20 sudah tersebar di internet dan telah muncul di surat kabar China berbahasa Inggris, Global Times.

Di kalangan pengamat dirgantara mancanegara, upaya China membangun pesawat tempur siluman sudah menjadi rahasia umum. Pada 2009, pejabat tingi Angkatan Udara China, He Weirong, kepada stasiun televisi CCTV mengatakan bahwa pihaknya segera mengujicoba pesawat tempur generasi keempat.

He saat itu berharap bahwa pesawat tempur siluman buatan China bisa beroperasi dalam kurun delapan hingga sepuluh tahun mendatang. (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
dodol
22/08/2011
jangan-jangan pejabat-pejabat di indonesia semua siluman ya? wah kalo itu benar, hebat donk indonesia! he1000x!
Balas   • Laporkan
Raptor
28/04/2011
MATILODOG Indonesia mah. Halah... Dari Pada Mikirin Bikin Pesawat Gituan Mending MikiRin Korupsi dah wkwkw.... Bagus Dah tuh China Buat Teknologi Tinggi Biar saingin Amrik. Biar Nyahooo dia.. wkwk...
Balas   • Laporkan
yudit
01/03/2011
Sudah waktunya generasi lama dipupuskan. Karena, otak merekalah yang menciptakan indonesia menjadi negara KKN, Tanpa pemutusan langsung, akan sangat sulit menghilangkan kebiasaan KKN tersebut. Kaderisasi dan Regenerasi para KKN akan terus berlangsung.
Balas   • Laporkan
petani_kutho
28/02/2011
kalo Indonesia punya nya tuyul.. hebatnya, si tuyul ini tidak cuman menilep uang satu dua orang.. tapi uang seluruh rakyat ditilep semua...
Balas   • Laporkan
ermin koto
31/01/2011
Indonesia super hebat, karena mampu bikin super siluman. Seperti Pejabat Siluman, Koruptor Siluman dan Siluman lainnya ha ha ha ha ha
Balas   • Laporkan
kokodonal
25/01/2011
belum kalah indonesia mah...indonesia bisa bikin duit siluman...!!
Balas   • Laporkan
iansarjana
20/01/2011
... Lebih hebat Indonesia bung. Udah bikin manusia dan institusi siluman (jangankan radar, HUKUM aja gak bisa deteksi). Coba cek dech.. :P
Balas   • Laporkan
robert
20/01/2011
China merdeka pd thn 1949, Indonesia merdeka thn 1945, berarti Indonesia lebih tua 5 tahun tapi adik Indonesia sudah tampil sebagai kekuatan yg siap mengimbangi kekuatan Amerika..sedangkan Indonesia melawan seorang Gayus aja udah kepayahan..gimana nich?
Balas   • Laporkan
delvis66
14/01/2011
saya juga terkesima lihat siluman indonesia.. hehehe
Balas   • Laporkan
sukonto pamungkas
14/01/2011
spare partnya mudah di dapat gk om? ntar klo dah rusak cari spare partnya kan susah, abis buatan china cepet rusak biasanya om..
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id