Gaji Manajer BBC Lebih Besar dari PM Inggris

Perdana Menteri Inggris, David Cameron.
Sumber :
  • AP Photo/Musadeq Sadeq

VIVAnews - Lebih dari seratus orang staf di kantor berita BBC Inggris dikabarkan memiliki gaji hingga miliaran rupiah per tahunnya. Bahkan ada yang lebih besar dari gaji perdana menteri Inggris.

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Angka ini dimuat dalam laporan gaji 462 manajer senior permanen BBC. Pada laporan yang pertama kalinya dikeluarkan kantor berita ini, sebanyak 135 staf permanen BBC memperoleh gaji pertahunnya hingga lebih dari 140.000 poundsterling atau sekitar Rp2 miliar.

Dilansir dari laman The Guardian, Kamis, 20 Januari 2011, bahkan ada bayaran yang melebihi gaji Perdana Menteri inggris, David Cameron, yang per tahunnya adalah 142.500 poundsterling (Rp2,06 miliar)

BBC tidak menuliskan pada laporan tersebut nama-nama para manajernya yang mendapatkan gaji sebanyak itu. Namun, BBC mengatakan bahwa angka para manajer di kantor berita tersebut telah dikurangi menjadi 54 orang, dan gaji juga telah dikurangi 13,6 persen per Oktober 2009. 

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa terdapat lebih dari 310 staf BBC yang memperoleh gaji 100.000 poundsterling (Rp1,4 miliar).

Anggaran gaji BBC terbesarnya diserap oleh divisi jurnalistik dengan 179 manajernya. Para manajer ini mendapatkan 17 juta poundsterling (Rp246 miliar)  atau 31,3 persen dari anggaran gaji BBC pertahunnya. Sebanyak 40 orang di antaranya mendapatkan lebih dari 100.000 poundsterling.

Penghisap anggaran kedua terbesar adalah divisi BBC Vision, dengan 20,8 persen per tahunnya. Sebesar 15,8 juta (Rp228 miliar) per tahunnya, 70 orang stafnya memperoleh lebih dari 100.000 poundsterling.

BBC pada tahun lalu mulai memotong anggarannya pada pengeluaran pada anggaran khusus transportasi bagi para petingginya. Dilaporkan dalam waktu tiga bulan, para petinggi BBC bisa menahan untuk tidak menggunakan voucher taksi mereka, menurunkan anggaran hingga 35 persen per tahunnya. (umi)

Emil Audero Mulyadi rayakan Scudetto Inter Milan

Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto

 Inter Milan sukses memastikan diri merebut Scudetto Serie A yang ke-20. Ternyata, ada 'orang Indonesia' yang ikut membantu La Beneamata merebut bintang kedua.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024