SBY Perintahkan Evakuasi WNI di Mesir

Bentrokan demonstran dan polisi Mesir di Kairo
Sumber :
  • AP Photo/Ben Curtis

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya memerintahkan mengevakuasi warga negara Indonesia di Mesir. Presiden menunjuk mantan Menteri Luar Negeri, Hassan Wirajuda, memimpin evakuasi dan penanganan lainnya.

"Evakuasi udara warga kita dari Mesir ke Tanah Air," kata Presiden SBY di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin 31 Januari 2011.

Hassan Wirajuda akan dibantu mantan Duta Besar RI di Mesir. Teknis evakuasi udara juga akan dibantu Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Marsekal Madya Sukirno.

Untuk menangani evakuasi dan penanganan WNI di Mesir, SBY membentuk Satuan Tugas khusus. Proses evakuasi juga akan dibantu dari elemen Kementerian Perhubungan, Kementerian Hukum dan HAM untuk Imigrasi, serta Kementerian Kesehatan untuk perawatan dan pengobatan.

"Malam ini kalau bisa berangkat. Segera ke Kairo, mengingat sulitnya pembekalan logistik di Mesir," tegas SBY dalam rapat terbatas khusus membahas Mesir.

Pemerintah juga akan memobilisasi pesawat udara. Maskapai Garuda Indonesia dan non-Garuda juga akan dilibatkan. Tugas pokok lain Satgas adalah memberikan pengamanan, penyelamatan dan bantuan logistik bagi warga Indonesia di Mesir. "Sedang dikoordinasi tata cara dan mekanisme pemberian logistik dan evakusi udara. Diplomasi terus dilakukan," kata SBY.

Panduan Singkat Terlindungi Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian BPJS Ketenagakerjaan

Pemerintah juga akan melibatkan unsur-unsur militer agar bisa memperlancar dan mempercepat evakuasi udara sekitar 6.200 warga Indonesia di Mesir.

SBY memerintahkan sumber keuangan untuk evakuasi ini diambil dari anggaran cadangan. Satgas 'Mesir' bertanggungjawab langsung kepada SBY. "Yang penting, evakuasi dapat berjalan baik."

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong Galau Harus Hadapi Negara Sendiri

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengakui perasaannya berat karena harus menghadapi negara sendiri, saat Tim Garuda Muda akan bertemu Timnas Korea Selatan

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024