Massa Mubarak Serang Wartawan Asing dan Lokal

Bentrokan antara massa yang pro dan anti pemerintah Mesir
Sumber :
  • AP Photo/Ben Curtis

VIVAnews - Massa pendukung Presiden Mesir Hosni Mubarak menyerang beberapa wartawan di jalan-jalan Kairo. Tidak hanya wartawan lokal yang menjadi sasaran, jurnalis asing juga menjadi target serangan pendukung Mubarak.

Seperti dilansir Stasiun Berita CNN Rabu, 2 Februari 2011, seorang wartawan Belgia ditahan. Jurnalis Belgia ini dipukuli dan dituduh sebagai mata-mata oleh pendukung rezim Mubarak. Wartawan Belgia itu dianiaya di pusat kota Kairo, Choubra.

Tidak hanya itu, seorang wartawan Mesir juga menjadi sasaran pengeroyokan beberapa jam setelah ada insiden penangkapan di Lapangan Tahrir. Penyerangan juga dialami jurnalis dari BBC, ABC News dan CNN. Di antara mereka yang menjadi korban adalah wartawan CNN Anderson Cooper dan Hala Gorani.

Serangan ini sontak mengundang perhatian dunia internasional. Kelompok jurnalis internasional menuding serangan-serangan kepada sejumlah wartawan itu dilakukan pemerintah yang masih berkuasa, Mubarak.

"Pemerintah Mesir sedang berupaya melakukan strategi untuk menghilangkan kesaksian atas tindakan mereka," kata Koordinator Komite Perlindungan Jurnalis wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara, Mohamed Abdel Dayem.

Abdel Dayem melanjutkan, serangan kepada wartawan merupakan salah satu cara untuk mengintimidasi pemberitaan. Pemerintah Mesir seperti memaksa untuk melakukanyan penyuntingan berita.

"Dan serangan yang dialami wartawan hari ini adalah kesengajaan yang dilakukan massa propemerintah," sesal dia.

Nasib nahas dialami wartawan Al Arabiya, Ahmed Abdullah. Abdullah hilang selama tiga jam. Editor Abdullah mengatakan, anak buahnya yang diduga diculik itu telah ditemukan dalam kondisi mengenaskan.

"Dia telah dikirim ke rumah sakit untuk menjalani perawatan. Karena luka akibat pengeroyokan yang dideritanya cukup serius," kata editor Abdullah. (umi)

5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan
Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin

Ketua Umum Partai Demokrat AHY merespons pertemuan Prabowo Subianto dengan Cak Imin di kantor DPP PKB, Rabu. AHY memberikan peringatan ke Prabowo

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024