2,5 Juta WNI Melancong ke Malaysia

Wisata air bertajuk Melaka River Cruise di Malaka, Malaysia
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - Meski hubungan Indonesia dengan Malaysia sempat mengalami pasang surut, terutama adanya sentimen anti Malaysia di Indonesia, kondisi itu tidak membuat wisatawan Indonesia yang datang ke Malaysia berkurang. Jumlah wisatawan Indonesia yang melancong ke negeri jiran itu sebanyak 2,5 juta wisatawan pada 2010.

Mengutip laman Bernama, Selasa 22 Februari 2011, Direktur Pariwisata Malaysia, Jamil Darus, mengatakan, jumlah kedatangan wisatawan Indonesia di Malaysia itu tidak hanya mencapai target, namun juga meningkat dari 2,4 juta wisatawan pada 2009.

Berdasarkan kondisi tersebut, pemerintah Malaysia telah menetapkan target 2,7 juta wisatawan Indonesia untuk 2011 dan siap mempromosikan tujuan wisata melalui berbagai kampanye di berbagai kota seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Manado, Makassar, dan Balikpapan.

Dia menjelaskan, paket wisata yang menarik itu akan ditawarkan selama masa promosi untuk menarik pelancong asal Indonesia, mulai dari kelas menengah hingga kelas atas agar berkunjung ke Malaysia.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

"Menurut pengalaman kami, untuk mempromosikan Malaysia sebagai tujuan berlibur menunjukkan hasil positif. Jadi upaya promosi akan terus ditingkatkan," kata dia.

Jamil mengatakan, pihaknya juga telah membawa media Indonesia ke Malaysia untuk mempromosikan tempat wisata populer di Malaysia. Itu juga termasuk slot iklan beberapa televisi di Indonesia.

Tidak hanya itu, Dinas Pariwisata Malaysia juga merencanakan untuk memperkenalkan paket tujuan bagi wisatawan Indonesia dengan mengunjungi Malaysia dan Thailand, atau Malaysia dan Singapura selama masa promosi mereka tahun ini.

Promosi itu akan bekerja sama dengan maskapai penerbangan internasional, hotel, dan penerbit kartu kredit. "Ini merupakan cara yang baik untuk memastikan setiap kuartal kami akan mendapatkan keuntungan dari usaha ini," ujarnya. (art)

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis
Calon anggota Paskibra Kabupaten Sukabumi dinyatakan meninggal dunia.

Kronologi Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal Dunia saat Jalani Seleksi Paskibra

Seorang siswi SMA Negeri 1 Cisaat meninggal dunia saat mengikuti seleksi pasukan pengibar bendera (paskibra) tingkat Kabupaten Sukabumi 2024 di Kecamatan Palabuhanratu,

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024