Tsunami Jepang Sasar Pantai Barat AS

Tsunami hantam Jepang
Sumber :
  • AP Photo/ Kyodo News

VIVAnews - Gelombang tsunami akibat gempa 8,9 Skala Richter di Jepang menerjang Pantai Barat, California, setelah bergulung melintasi Hawaii. Sejumlah warga pun berlarian menyelamatkan diri dari ancaman dinding air raksasa itu.

Laporan pejabat pertahanan sipil Amerika Serikat mengatakan bahwa peringatan tsunami sudah dicabut. Kekuatan gelombang sudah di kawasan itu sudah pulih setelah bergerak melintasi Samudera Pasifik menuju Amerika Utara.

Meski gelombang yang di kawasan pantai tersebut lebih tinggi dari biasanya, tidak ada laporan cedera atau kerusakan yang terjadi. Hawaii sudah dinyatakan aman, namun ancaman masih mengintai Pantai Barat AS.

"Selalu ada kemungkinan bahwa sesuatu dapat terjadi, antisipasi harus selalu ada," kata staf Kepala Gedung Putih, Bill Daley.

Gempa terdahsyat selama 140 tahun terakhir itu memicu peringatan tsunami di sebagian besar cekungan Pasifik. Sedikitnya 50 kawasan terancam menerima terjangan tsunami, termasuk Indonesia bagian timur. Namun, kekuatannya mulai melemah. (umi)

Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Kehadiran pasangan AMIN saat penetapan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024–2029 dinilai bisa memberi legitimasi hasil Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024