VIDEO: Jepang, Sebelum dan Sesudah Tsunami

Tsunami hantam Jepang
Sumber :
  • AP Photo/Keichi Nakane

VIVAnews - Gempa besar berkekuatan 9 Skala Richter yang memicu gelombang tsunami hingga setinggi 10 meter menghantam Jepang seminggu lalu. Sejumlah kota di Jepang pun luluh lantak akibat bencana ini. Setidaknya tiga prefektur di Jepang mengalami kerusakan terparah, yakni: Miyagi, Fukushima, dan Sendai.

DariĀ  udara, terlihat keadaan sejumlah kota di Jepang yang masih tertata rapi sebelum datang tsunami. Kemudian dari gambar udara itu pula terlihat hancurnya kota-kota itu setelah dihajar tsunami.

Misalnya di kota Ishinomaki, Miyagi, yang merupakan pemukiman padat, gambar udara diambil tahun 2007. Kota itu kemudian terlihat habis oleh tsunami yang menyapu sejumlah bangunan.

Gambar yang sama terlihat di pemukiman padat di kota Arahama, Sendai. Tsunami terlihat menghancurkan kota yang pada tahun 2008 masih terlihat tertata rapi dilihat dari udara.

Foto udara juga memperlihatkan hancurnya Bandara Sendai dan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Fukushima. Kerusakan terlihat jelas dari foto udara yang diambil sebelum dan sesudah tsunami.

Ingin lihat seperti apa perbandingannya? Lihat videonya di sini.

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia
Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi diwakili tim pemenangan mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Sumut 2024, di Kantor DPD PDIP Sumut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024