Muhaimin: Nasib 4 TKI di Jepang Belum Jelas

Pemulangan TKI Bermasalah : Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki

VIVAnews - Paska gempa dan tsunami di Jepang, diperkirakan masih ada empat Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang saat ini dalam proses pencarian dan belum diketahui keberadaannya.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar mengatakan keempat TKI yang hingga saat ini belum diketahui keberadaannya itu merupakan bagian dari 140 warga Indonesia yang tinggal di Jepang dan belum dapat dihubungi atau diketahui keberadaannya.

"Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi terus mencari mereka, dengan berkoordinasi dengan Kedutaan Besar RI di Jepang," kata Muhaimin Iskandar saat berkunjung ke Yogyakarta, Minggu, 20 Maret 2011.

Muhaimin menambahkan, belum diketahuinya keberadaan mereka bisa saja disebabkan oleh alat komunikasi yang dimiliki keempat TKI tersebut hilang atau mereka benar-benar hilang serta menjadi korban gempa dan tsunami.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

"Jika nantinya mereka ditemukan dan ingin kembali ke Tanah Air, kami siap memfasilitasi," tuturnya.

Menakertrans menjelaskan, TKI yang bekerja di Jepang jumlahnya cukup banyak yaitu mencapai 14 ribu jiwa yang bekerja di sektor produktif, 8.000 orang magang kerja, dan 2.000 lainnya bekerja sebagai tenaga profesional. (art)

Laporan: Juna Sanbawa | Yogyakarta

Dok

Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan

Sebanyak 17 unit pemadam kebakaran dan 85 personel dikerahkan untuk memadamkan kobaran api.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024