DUNIA

Iran Sukses Uji Coba Rudal Baru

"Bukti kecil dari kemampuan para pakar dan teknisi dalam negeri Iran."
Senin, 18 April 2011
Oleh : Renne R.A Kawilarang
Rudal Shahin produksi Iran

VIVAnews - Iran sukses melakukan ujicoba penembakan dua rudal jarak sedang bernama Shahin (Elang). Rudal itu mampu melacak dan menghancurkan pesawat musuh yang terbang di ketinggian rendah dan sedang.

"Rudal-rudal itu berhasil mengenai target-target spesifik," kata Komandan Pangkalan Udara Khatam al-Anbiya, Brigjen Farzad Esmaili, seperti dikutip kantor berita Fars, Minggu 17 April 2011. Dua rudal baru buatan Iran itu diluncurkan melalui sistem penangkal serangan udara Mersad (Penyergap).

Uji coba peluncuran rudal tersebut, menurut Fars, merupakan bagian dari acara peringatan Hari Kelahiran Tentara Republik Islam Iran, yang jatuh pada 18 April sekaligus sebagai ajang untuk memamerkan kekuatan pertahanan negeri itu. Esmaili menilai kesuksesan uji coba tersebut merupakan salah satu bukti kecil dari kemampuan para pakar dan teknisi dalam negeri Iran.

Sistem pertahanan udara Mersad, yang dilengkapi dengan rudal Shahin, memiliki kemampuan untuk menemukan, mengejar, dan memusnahkan segala sasaran terbang pada rentang ketinggian 70 hingga 150 km. Ini merupakan sistem pertahanan udara kelas menengah yang dimiliki Iran.

Pada Sabtu pekan lalu, Iran juga dikabarkan berhasil memproduksi sistem pertahanan rudal baru bernama Sayyad-2 dan dalam waktu dekat akan dilibatkan dalam operasi militer. Rudal ini memiliki kemampuan bersaing dalam perang elektronik dan dapat diandalkan juga dalam menghadapi sistem radar musuh.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found