ASEAN Akan Resmikan Pusat Bencana

Ketua DPR Agung Laksono
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Negara-negara ASEAN akan segera meresmikan pusat penanganan bencana bagi negara-negara di kawasan. Pusat penanganan bencana ini berfungsi sebagai badan pemantau dan koordinasi bagi upaya pemulihan bencana di Asia Tenggara.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, di Jakarta, Jumat, 29 April 2010. Komitmen peresmian badan koordinasi bencana ASEAN yang bernama AHA Center (ASEAN Coordinating Center for Humanitarian Assitance on Disaster Management) disampaikan pada acara ASEAN Socio-Cultural Community Council (ASCC Council).

"Pusat penanganan bencana ini diresmikan untuk memperlancar aturan penyaluran bencana di negara-negara ASEAN," ujar Laksono.

Dia mengatakan bahwa pusat bencana ini nantinya akan mendata setiap bantuan yang disalurkan oleh negara ASEAN kepada anggotanya agar bantuan tidak tumpang tindih. Pusat bencana ini juga memfasilitasi negara korban bencana dalam menyampaikan kebutuhannya.

"Indonesia sebagai ketua ASEAN dianggap paling berpengalaman dalam hal penanganan bencana," ujarnya.

Direktur Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri, Djauhari Oratmangun, mengatakan bahwa pusat bencana ini telah berada di salah satu gedung di jalan Thamrin. Dia menjelaskan bahwa perangkat kerja telah mulai difungsikan, untuk para media juga terdapat ruang media yang cukup baik.

"Di tempat ini terdapat monitor yang mengawasi aktivitas di bawah permukaan bumi," ujar Oratmangun.

Selain berkomitmen untuk meresmikan pusat penanganan bencana, pertemuan ASCC Council yang dihadiri oleh menteri-menteri dan perwakilan dari ASEAN juga menyepakati beberapa hal, diantaranya terkait lingkungan hidup.

"Pernyataan mengenai lingkungan hidup ini merefleksikan komitmen dan posisi bersama ASEAN dalam kerja sama di bidang lingkungan hidup," ujar Agung Laksono.

Selain itu, negara-negara ASEAN juga sepakat untuk meningkatkan peran serta para penyandang cacat dalam mendukung pembangungan di negara ASEAN. Untuk merealisasikan hal ini, Indonesia akan membentuk Bali Declaration on the Enhancement of the Role and Participation of Persons with Disabilities pada tahun ini. (adi)

Joe Biden Kutuk Serangan Iran, AS Tegaskan Dukung Penuh Israel
Truong My Lan (AP Photo)

Vietnamese Sentenced to Death for $27 Billion Fraud Case

Behind the stately yellow portico of the colonial-era courthouse in Ho Chi Minh City, a 67-year-old Vietnamese property developer was sentenced to death on Thursday (Apr

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024