Osama Tewas, Polda DIY Siaga I

Osama bin Laden Tewas
Sumber :
  • AP Photo/Mazhar Ali Khan

VIVAnews - Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan status keamanan siaga satu pasca-tewasnya pemimpin jaringan teroris Al Qaeda, Osama bin Laden. Peningkatan status ini mangantisipasi tindakan balas dendam oleh pengikut Osama.

"Status siaga satu bagi Polda DIY masih belum dicabut. Apalagi ada kejadian tewasnya Osama bin Laden yang sangat dimungkinkan para pengikutnya balas dendam," kata Kepala Bidang Humas Polda DIY, Ajun Komisaris Besar Polisi Any Pudjiastuti, Selasa 3 Mei 2011

Dalam status siaga satu ini sebanyak 2/3 atau sekitar 1.400 personel disiapkan dan bersiaga. Jumlah ini juga ditambah sekitar 200 personel dari TNI, Satuan Polisi Pamong Praja.

Penyiagaan pasukan keamanan gabungan ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti teror bom, kerusuhan akibat unjuk rasa dan gangguan ketertiban lainnya. "Kekuatan yang on call mencapai 1.400 personel. Ketika ada kejadian, pasukan itu dapat langsung diturunkan ke lapangan," kata Any.

Any melanjutkan, dalam status siaga ini semua fungsi yang ada akan ditingkatkan dalam pengawasan atau ketugasannya. Tidak saja pada fungsi intelijen, tapi juga pada jumlah pasukan penjaga lokasi.

"Semua personel di semua fungsi kami tambah untuk pengamanan dan pengawasan berbagai objek vital seperti tempat ibadah, mal, gedung milik pemerintah, perbankan," ujar Any.

Sementara, Kapolsek Bambanglipuro, Ajun Komisaris Polisi Muryanto menyatakan pengamanan dilakukan secara terbuka maupun tertutup. Di wilayah Bambanglipuro terdapat gereja terbesar di Kabupaten Bantul, yaitu Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran,

"Fungsi intelijen kami tingkatkan. Selain itu kerjasama dengan eleman masyarakat yang lainnya dalam pengamanan gereja kami terus bina," kata dia.

Menurut dia, pelaku tindak teror gerakan sangat rapi dan sulit terdeteksi. Maka itu, peran masyarakat sangat dibutuhkan. "Setiap satu petugas Polsek kami instruksikan untuk melakukan komunikasi dengan setiap kepala dukuh atau tokoh masyarakat di kampung," ujar Muryanto.

Laporan: Juna Sunbawa l DIY, umi

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan
Pemkot Tangsel rapikan kabel fiber optik yang semrawut

Rapikan Kabel Fiber Optik Semrawut di Tangsel, Ini 5 Titik yang jadi Sorotan Pemkot

Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan turun tangan langsung dalam melakukan imbauan dan penindakan semrawutnya kabel fiber optik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024