VIDEO: Profil Osama bin Laden

Osama bin Laden Tewas [GALLERY]
Sumber :
  • AP Photo/Rahimullah Yousafzai

VIVAnews - Osama bin Laden terlahir dengan nama Usamah bin Muhammad bin Awwad bin Ladin pada 10 Maret 1957 di Jeddah, Arab Saudi. Petinggi Al-Qaeda ini merupakan anak dari pasangan pengusaha kaya Arab Saudi, Muhammad bin Awad bin Ladin dengan istri kesepuluhnya, Hamida Al Attas.

Diduga Sakit Jiwa, Bule Amerika di Bali Nekat Culik Bocil Perempuan

Sewaktu remaja, Osama dikabarkan telah bergabung dengan sejumlah gerakan fundamentalisme Islam. Kemudian, Osama sempat pula bergabung dengan kepolisian yang bertugas menegakkan syariah. 

Awal perkenalannya dengan dunia jihad adalah saat berkuliah di Universitas King Abdul Aziz, Jeddah. Osama sangat terinspirasi dengan salah satu pengajarnya, Abdullah Azzam, yang merupakan tokoh Mujahidin dalam perjuangan mengusir Soviet dari Afghanistan.

Mengapa ISIS-K Spesifik Targetkan Rusia dan Bukan Negara Barat Lain?

Osama pun kemudian mulai membangun jaringannya saat bergabung dengan milisi Mujahidin pada 1979. Saat itu, Osama berperan dalam mengumpulkan dana untuk Mujahidin, memanfaatkan relasi keluarganya.

Usai Soviet mundur dari Afghanistan, Osama kemudian pulang ke Arab Saudi. Di sana, dia bergabung dengan kelompok penentang Raja Fahd. 

Kisah Inspiratif Armaya Doremi, Pengusaha Muda Indonesia di Amerika

Tak ayal, ini menyebabkan Pemerintah Arab Saudi mencabut hak kewarganegaraannya pada 1994. Sejumlah aset Osama di Arab Saudi pun ikut dibekukan.

Karena itulah, kiprah Osama pun kembali banyak dilakukan di Arab Saudi, terutama di sekitar Pakistan dan Afghanistan. Osama kemudian mengumpulkan 'alumni' Mujahidin dan mendirikan Al-Qaeda. 

Kelak, organisasi yang didirikan ini yang menjadikannya target dan buruan nomor satu Amerika Serikat. Karena sejumlah aksi Al-Qaeda memang ditujukan dengan menyerang fasilitas milik Amerika Serikat.

Osama dianggap menjadi 'otak' sejumlah aksi teror. Mulai serangan terhadap sejumlah Kedutaan Besar AS, serangan terhadap kapal perang USS Cole, hingga peristiwa 11 September 2001. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya