Menlu: Pemerintah Peduli 13 Sandera WNI

Pasukan khusus Korsel membekuk perompak Somalia
Sumber :
  • AP Photo/ Arabian Navy

VIVAnews -- Baru saja warga Indonesia menarik nafas lega mendengar bebasnya MV Sinar Kudus bersama 20 awak kapalnya, giliran 13 WNI menjadi sandera para perompak Somalia. Mereka berada di Kapal MT Gemini milik Singapura.

Pemerintah sudah mendapat kabar terkait nasib para sandera itu. Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa menjelaskan, komunikasi  sudah dilakukan dengan pihak pemilik kapal. "Dikonfirmasi bahwa ABK semua dalam kondisi selamat dan baik," kata Marty, di sela acara Pembukaan Asean-UE Business Summit, Kamis 15 Mei 2011.

Marty menegaskan, seperti halnya penyanderaan kapal MV Sinar Kudus, pemerintah mengutamakan keselamatan awak kapal. "Pembebasan awak kapal secepat mungkin," kata dia.

Terkait pembebasan tersebut, Marty mengatakan pemerintah bekerjasama dengan pemerintah Singapura. "Tentu juga awak pemerintah negara-negara lain yang warga negaranya berada di kapal," ujar dia

Marty menegaskan, untuk pembebasan sandera ini lebih bersifat multinasional karena  ada warga negara lain yang terkait."Tetapi sekali lagi digarisbawahi bukan kita tidak peduli. Bahkan sebaliknya sangat peduli, sangat berpihak, dan sangat ingin warga negara kita segera di bebaskan," kata dia

Kapal MT Gemini yang berbendera Singapura ditawan para lanun Afrika saat melintas di 310 kilometer di tenggara Mombasa, Kenya. Hingga saat ini, para perompak Somalia juga belum mengajukan tuntutan sebagai tebusan bebasnya kapal berbobot 21 ribu ton beserta awak kapalnya.

Namun, pemerintah Korea Selatan terus berkomunikasi dengan pemerintah Singapura terkait pembebasan awak kapal. Korsel menyerahkan penanganan ini kepada pemerintah Singapura. Namun, menurut Yonhap, Korsel juga telah menyiapkan gugus tugas untuk bekerja sama dengan pemerintah Singapura.

Korsel memang dikenal berpengalaman soal pembebasan kapal yang disandera para lanun. Korsel bahkan hanya membutuhkan waktu 14 jam untuk membebaskan kapal kargo Hanjin Tianjin beserta semua awaknya. (eh)

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5
Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024