"Saya Pelatih Judo Osama Bin Laden"

Osama bin Laden Tewas [GALLERY]
Sumber :
  • AP Photo/Rahimullah Yousafzai

VIVAnews -- Nama Osama Bin Laden identik dengan gambaran mengerikan teror 11 September yang menyerang menara kembar World Trade Centre (WTC): gedung yang luluh lantak, api yang berkobar, ribuan jasad  tewas, dan tangisan duka para janda dan anak yatim.

Namun, sebelum kata 'teror' melekat dalam diri Osama, ia menjalani kehidupan yang normal, kuliah, berlibur bareng, juga berlatih bela diri: judo.

Seorang pelatih judo asal Taiwan, Jimmy Wu mengaku pernah melatih Osama saat bos Al Qaeda itu sedang kuliah di Arab Saudi. Wu juga diketahui sebagai pelatih tim nasional Arab pada tahun 1981-1991.

Untuk memperkuat klaimnya itu, Wu menunjukkan foto dirinya bersama pemuda tinggi, kurus, dan kelihatan 'anak kuliahan' memakai pakaian judo. Meski belum diverifikasi, pemuda dalam foto tersebut memang mirip Osama muda.

Bagaimana prestasi Osama muda dalam judo? Menurut Wu, kala itu Osama terlalu tinggi untuk jadi petarung judo andal. Ia bahkan menyarankan pemuda iu banting setir ke olah raga lain. Namun, karena Bin Laden bersikeras, Wu akhirnya mau jadipelatihnya.

"Saya tak tahu namanya Bin Laden," kata Wu. Namun, pasca serangan teror 9/11 dia mengaku diundang dalam sebuah seminar bertemu mantan murid-muridnya. Mereka berkata, "Oh Jimmy, Osama kini jadi pahlawan kita." Wu lantas mengaku terkejut dan mencari foto-foto koleksinya. Lalu ia pun menyadari gembong teroris yang paling dicari adalah mantan anak asuhnya. "Oh orang ini, dan saya langsung mengingat beberapa hal tentang dia," kata Wu.

Dia mengaku, Bin Laden yang tewas di tangan pasukan khusus AS, US Navy SEAL Minggu 1 Mei 2011 lalu datang berlatih judo dua sampai tiga kali seminggu. Namun Wu mengaku tak lagi bertemu dengan Osama sejak 1984.

Jokowi Adakan Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Dia juga ingat bagaimana Osama menyuarakan ketidaksetujuannya ketika suatu hari istri Wu masuk ke pusat pelatihan judo.Kata Wu, pemuda tinggi itu berkata,"Ini adalah pusat olah raga, tak boleh ada perempuan sini." Teriakan Osama itulah yang paling diingat Wu. (Telegraph)

Bea Cukai musnahkan ratusan ballpress pakaian bekas

Bea Cukai Musnahkan Pakaian Bekas Bernilai Ratusan Juta di Yogyakarta

Bea Cukai Yogyakarta musnahkan ratusan ballpress pakaian bekas hasil penindakan di salah satu gudang PT KOOC Kreasi.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024