Lagi, Malaysia Antisipasi Asap dari Indonesia

Kabut asap selimuti kota Pekanbaru, Riau
Sumber :
  • Ali Azumar | Riau

VIVAnews - Sebagian wilayah Malaysia tampaknya harus bersiap kembali menerima kiriman asap kebakaran hutan dari Indonesia, tepatnya di Pulau Sumatera dan Kalimatan. Gangguan ini menjadi rutinitas tahunan yang dialami Negeri Jiran itu.

Departemen Meteorologi Malaysia, seperti dikutip harian The Star, Senin sore mendeteksi 136 titik api di Sumatera. Bila dihembus angin, asap ini bisa bergerak ke pesisir barat Malaysia.

Di kawasan timur, Malaysia mencatat sedikitnya tujuh titik api. Tiga dari Kalimantan, dua di Sarawak dan satu titik masing-masing di kawasan semenanjung dan Sabah.

Pihak berwenang di Malaysia belum dapat memastikan apa penyebab adanya titik-titik api itu, apakah karena gejala alam atau kesengajaan. Dalam beberapa hari terakhir, menurut The Star, suhu di sejumlah tempat di Malaysia tengah tinggi-tingginya. Di Subang, suhu mencapai 35 derajat celcius dan di Petaling Jaya 36 derajat celcius di sepanjang akhir pekan.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Indeks Polutan Udara dari Departemen Lingkungan Hidup, kualitas udara di Malaysia rata-rata masih tergolong normal.

MPV Semewah Alphard Ini Bisa Melesat Sekencang Mobil Sport

Menurut catatan VIVAnews, selain Malaysia, Singapura dan Indonesia sendiri rutin dilanda kekhawatiran masalah asap kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan. Sejumlah upaya terkoordinasi dari tiga pemerintah terus digalang untuk mengatasi masalah itu.

Selain mengganggu kesehatan pernafasan mahluk hidup, asap kebakaran itu mengganggu transportasi udara dan darat. Itulah sebabnya asap kebakaran dapat mengganggu rutinitas penduduk dan ekonomi di wilayah yang terdampak. (umi)
 

Hubungan Tak Baik, Ruben Onsu dan Jordi Onsu Sudah Setahun Tak Berkomunikasi
Superchallenge Supermoto Race 2024

Superchallenge Supermoto Race 2024 Segera Dimulai, Yogyakarta Tuan Rumah Seri Perdana

Para penggemar balap supermoto di Tanah Air boleh bersiap, pasalnya ajang adu cepat supermoto bergengsi, Superchallenge Supermoto Race 2024 Seri Kejurnas bergulir

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024