Mengendarai Mobil, Wanita Saudi Ditangkap

Video Manal al-Sharif sedang mengendarai mobil.
Sumber :
  • Youtube

VIVAnews - Seorang wanita di Arab Saudi mengendarai mobilnya sendiri dan mengunggahnya di laman berbagi video YouTube. Akibat hal ini, dia ditangkap oleh polisi agama karena melanggar peraturan berkendaraan bagi wanita.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Seperti dilansir laman The Independent, Senin, 23 Mei 2011, video yang ditonton oleh 600 ribu orang tersebut menampilkan Manal al-Sharif, 32, mengendarai mobil sendiri sambil berbincang dengan teman wanitanya di kota Khobar. 

Sharif dikenal sebagai salah satu aktivis yang menentang larangan berkendaraan bagi wanita. Tindakan ini dilakukannya sebagai kampanye penghapusan peraturan yang dinilainya membatasi hak seorang wanita. 

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh

Polisi agama Arab Saudi dilaporkan telah menangkap Sharif pada Sabtu pekan lalu, namun dibebaskan enam jam kemudian. Aktivis lainnya mengatakan bahwa Sharif kembali ditangkap pada Minggu pagi kemarin, dan hingga kini masih belum dibebaskan.

Selain mengunggah video berkendara, Sharif dan rekan-rekan aktivisnya juga berkampanye di facebook melalui akun bernama "Saya akan berkendara pada 17 Juni." Di laman ini, Sharif menyerukan kepada wanita di Saudi untuk menyetir sendiri dan mendapatkan SIM internasional mereka pada 17 Juni mendatang.

Indonesia, Singapore Discuss Labor Cooperation

Arab Saudi adalah satu-satunya negara di dunia yang memenjarakan wanita karena mengendarai mobilnya sendiri. Wanita di negara ini juga tidak diperbolehkan untuk memiliki SIM. Mereka diharuskan menyewa seorang sopir, naik taksi atau meminta kerabat untuk mengantarkan mereka jika ingin bepergian dengan kendaraan.

Larangan ini telah sejak lama diperdebatkan oleh para aktivis wanita. Namun, pemerintahan Arab Saudi yang menganut Wahabisme konservatif mengabaikannya dan tetap menerapkan larangan berkendara.

VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024