Kejaksaan Dalami Dugaan Korupsi Merpati

Puing Pesawat Merpati
Sumber :
  • ANTARA/Ismail

VIVAnews - Kejaksaan Agung menyatakan pemanggilan direksi PT Merpati Nusantara Airlines di antaranya terkait dugaan tindak pidana korupsi saat pembelian pesawat MA60 buatan Xi'an Aircraft Company, China.

Namun, menurut Wakil Jaksa Agung, Darmono, pemanggilan terhadap Direktur Utama Merpati Airlines, Sardjono Jhony Tjitrokusumo, terkait pengadaan, kewenangan, serta tanggung jawabnya dan bukan mengenai dugaan korupsi.

"Begitu muncul ada dugaan itu, saya minta kepada Jampidsus untuk segera mengumpulkan data dan fakta. Akan ditelaah ada atau tidak korupsi dalam kasus itu," kata Darmono di Jakarta, Jumat, 27 Mei 2011.

Namun, untuk dugaan korupsi itu belum diketahui secara pasti siapa yang akan dipanggil guna dimintai keterangan.

"Saya belum tahu pasti, tergantung Jampidsus. Terkait dokumen pembelian pesawat mungkin saja. Intinya dalam kasus itu saya minta didalami fakta-faktanya," ujar dia.

Saat diminta keterangan Kejaksaan Agung, Sardjono Jhony memastikan tidak ada yang salah dalam pengadaan pesawat MA60, yang sempat jatuh di Kaimana, Papua Barat, 7 Mei lalu.

Jhony menegaskan tidak ada tekanan dari pihak mana pun atas pengadaan pesawat itu. Apalagi, adanya dugaan keterlibatan Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu, pengurus Kamar Dagang dan Industri, Adi Harsono, serta mantan Menteri BUMN, Sofyan Djalil, dalam pembelian pesawat itu.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Dia juga memastikan bahwa harga itu sudah dalam kategori wajar dan dirinya juga membantah adanya dokumen yang menyebutkan penolakan Jusuf Kalla atas pembelian MA60 saat menjadi wakil presiden.

Seperti diketahui, pembelian pesawat ini sebelumnya dipertanyakan karena diduga belum mendapat lisensi dari Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat.

Dugaan penyimpangan pengadaan pesawat ini terangkat setelah Pesawat Merpati MA60 jatuh di Teluk Kaimana Papua Barat pada 7 Mei lalu. Dua puluh tujuh penumpang dan awak pesawat tewas dalam kecelakaan tersebut. (art)

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024