1-6-2001: Pembantaian Keluarga Raja Nepal

Pangeran Dipendra
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Sepuluh tahun lalu, sejarah kelam melanda Nepal. Ketika itu, pembantaian tragis menimpa keluarga Kerajaan di negeri lereng Himalaya tersebut.

Misteri Asal Usul Jangka Jayabaya Berisi Ramalan Nusantara di Masa Depan

Raja dan Ratu Nepal tewas ditembak oleh putra kandung mereka, yang juga pewaris tahta kerajaan, Pangeran Dipendra. Total, sebelas orang tewas dalam penembakan di istana Kathmandu itu, termasuk Dipendra.

Menurut stasiun televisi BBC, tragedi bermula dari cekcok antara Dipendra dengan ibunya, Ratu Aishwarya, menyangkut rencana pernikahan. Rupanya, Aishwarya tidak setuju dengan calon istri pilihan Dipendra.

Sakit hati dengan penolakan ibunya, Dipendra mengamuk. Tak lama kemudian dia menembak mati siapapun yang berada di hadapannya, termasuk Raja Birendra dan Pangeran Niranjan, yang masing-masing ayah dan saudara kandungnya.

Sejumlah saudara dan kerabat Dipendra pun tak lolos dari penembakan. Satu-satunya kerabat yang lolos dari maut adalah Pangeran Gyanendra, yang saat itu berada di luar negeri.

Dipendra pun menderita koma dari tanggal 1-4 Juni setelah kepalanya tertembak di lokasi kejadian. Uniknya, selama menjalani masa koma Dipendra dinobatkan sebagai raja baru Nepal hingga akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada 4 Juni 2001. Dia akhirnya diganti oleh pamannya, Gyanendra.

Bagi sebagian rakyat Nepal, penembakan ini masih menjadi misteri. Pasalnya, mereka ragu bila Dipendra, yang dikenal berpenampilan santun dan kalem, bisa mengamuk sedemikian hebat. Kecurigaan pun diarahkan ke Gyanendra, satu-satunya anggota kerajaan yang selamat.

Gyanendra pun untuk kali kedua menjadi raja, kali ini menggantikan Dipendra. Namun, kekuasaan Gyanendra hanya berlangsung dari 2001 hingga 2008.

Daud Kim, YouTuber Terkenal Asal Korea Selatan Ini Gigih Bangun Masjid di Incheon

Tuntutan agar Nepal tidak lagi diperintah oleh monarki semakin kuat. Maka, pada 28 Mei 2008, Nepal tidak berganti bentuk negara, dari kerajaan menjadi republik federal.

Maka, mulai 2008, negeri itu tidak lagi diperintah raja, melainkan presiden. Pada 23 Juli 2008, Ram Baran Yadav dilantik menjadi presiden. Kerajaan Nepal pun berakhir.   

Ivan Gunawan Segera Berangkat ke Uganda, Resmikan Masjid yang Dibangunnya
Bocah 15 Tahun Ditahan Atas Penikaman Terhadap Seorang Uskup di Gereja

Ngeri! Remaja 15 Tahun Tikam Uskup saat Khotbah Kebaktian di Gereja

Polisi di Sydney telah menahan seorang remaja laki-laki atas serangan pisau terhadap seorang uskup yang sedang menyampaikan khotbah di gereja pada Senin, 15 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024