AS Jatuhkan Sanksi Baru Atas Iran

Hillary Clinton
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Pemerintah Amerika Serikat kembali menjatuhkan sanksi atas Iran pada Kamis, 9 Juni 2011. Sanksi ini diberikan lantaran Iran dinilai mengekang kebebasan warganya dalam menyampaikan aspirasi.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri AS, dilansir dari CNN, sanksi baru ini dijatuhkan terhadap Iran karena peran Korps Garda Revolusi Iran, Satuan Pertahanan Basij, dan Pasukan Pengamanan Iran dalam menggempur demonstrasi massa. Individu yang dikenakan sanksi adalah komandan satuan pengamanan Iran, Ismail Ahmadi Moghadam.

Pasukan keamanan Iran tersebut dianggap telah bertindak keras dalam menghadapi demonstrasi damai yang menentang pemerintahan Ahmadinejad. AS juga menuduh Iran telah memenjarakan demonstran tanpa melalui pengadilan terlebih dulu.

Beri Minuman Bekas ke Sus Rini, Perilaku Manner Nagita Slavina Jadi Sorotan

"Pemimpin Iran dengan munafiknya menyerukan para demonstran di luar negeri untuk menentukan nasib  mereka sendiri. Padahal, banyak warga Iran, termasuk para pencetus revolusi, yang dipenjara di tahanan politik karena berbeda pandangan dengan para pemimpin mereka," ujar Menteri Luar Negeri, Hillary Clinton.

Clinton mengatakan bahwa pemerintah AS menyerukan dihentikannya pelanggaran HAM dan kemunafikan politik di Iran. Sanksi baru ini, ujarnya, mencerminkan komitmen AS dalam menghukum pemerintahan dan pejabat yang melanggar HAM dan mengekang warganya.

Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya

Sebelumnya pada Maret, Presiden AS, Barack Obama, mengumumkan perpanjangan sanksi ekonomi atas Iran setahun lagi. Langkah ini diambil karena Obama masih menganggap Iran sebagai ancaman besar bagi AS.

Pemerintah Iran menganggap enteng sanksi ini. Iran menganggap sanksi tersebut adalah kesempatan emas bagi mereka untuk meningkatkan perekonomiannya secara mandiri tanpa bantuan negara lain. Hal ini terbukti dengan swasembada bensin Iran.

Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024