Australia Siap Cabut Stop Impor Sapi

Presiden SBY dan Wakil Menteri Pertanian Bayu Khrisnamurthi
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews - Pemerintah Australia mengungkapkan keinginannya segera membuka kembali perdagangan sapi hidup ke Indonesia, setelah sebelumnya menghentikan ekspor ternak menyusul dipublikasikannya video rekaman kekejaman di sebuah rumah pemotongan hewan (RPH) di Indonesia. 

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Jumat, 29 Maret 2024

Menurut Wakil Menteri Pertanian, Bayu Krisnamurthi, penghentian sementara ekspor ternak oleh pemerintah Australia tersebut akan segera dicabut dalam jangka waktu dua hingga tiga minggu ke depan.

"Realitasnya suspensi ini akan dicabut dalam dua sampai tiga minggu ke depan," kata dia saat ditemui seusai mengadakan pertemuan dengan Wakil Menteri Pertanian Perikanan dan Kehutanan Australia, Phillip Glide di Kantor Dirjen Pertanian Tanaman Pangan, Jakarta, Senin 13 Juni 2011.

Polri Bakal Keluarkan Red Notice 2 Tersangka TPPO Ribuan Mahasiswa ke Jerman

Namun, Bayu menuturkan, sebelum melakukan hal tersebut ada beberapa yang perlu ditangani terlebih dahulu. "Pertama, kesejahteraan hewan menggunakan referensi internasional yg digunakan oleh OAI (organisasi PBB yg menangani kesejahteraan hewan)," ujarnya.

Kedua, dia mengatakan, importir dan eksportir dapat mengajukan fasilitas penanganan hewan yang dapat diajukan ke otoritas Indonesia maupun Australia untuk dapat persetujuan bahwa memenuhi standar.

Saat ini, Bayu menambahkan, pihak Australia menyatakan sudah dua hingga sampai tiga RPH yang memiliki fasilitas memenuhi standar. Namun, pihak Indonesia menyebutkan angkanya lebih dari itu. "Pihak Indonesia mengatakan sudah lebih dari 10 yang memenuhi," tuturnya. (adi)

Sering Buat Bekal untuk Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani Ngaku Jadi Hobi Masak
Bek Timnas Indonesia Jay Idzes

Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

Di balik gemilangnya performa Jay Idzes, terselip kisah menarik tentang pilihannya membela Timnas Indonesia daripada bermain bersama Virgil van Dijk di Timnas Belanda.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024