Obama Minta Anggota DPR Cabul Segera Mundur

Anthony Weiner
Sumber :
  • AP Photo/Richard Drew

VIVAnews - Presiden AS, Barack Obama, menyindir seorang politisi Partai Demokrat yang tidak mau mundur sebagai anggota DPR setelah dihantam skandal foto cabul. Menurut Obama, seandainya dia berada pada posisi yang sama, pasti dia akan mundur dari jabatan publik.

Menurut kantor berita Associated Press, pernyataan itu disampaikan Obama dalam wawancara dengan stasiun NBC Senin, kemarin, yang akan ditayangkan pada Selasa pagi waktu Washington. Komentar Obama itu ditujukan kepada Anthony Weiner, anggota DPR yang baru-baru ini bermasalah dengan skandal foto cabulnya di laman Twitter.

Obama menyatakan dirinya tidak habis pikir atas sikap Weiner, yang tidak mau mundur sebagai wakil rakyat kendati mendapat sorotan tajam dari publik atas skandalnya itu. "Menurut saya, bila masalah itu menimpa saya, saya akan mundur," kata Obama.

Menurut dia, kelakuan Weiner yang menampilkan fotonya dalam keadaan nyaris bugil kepada sejumlah perempuan di laman jejaring sosial merupakan perbuatan yang sangat tidak pantas. "Dia mempermalukan diri sendiri, istri, dan keluarga. Pada akhinya akan ada keputusan menyangkut dia dan konstituennya," kata Obama.

Dia juga menyatakan bahwa perbuatan Weiner itu juga mencoreng citra Partai Demokrat, yang mendukung kepresidenan Obama. Maka, selain dari Obama, Ketua Fraksi Demokrat di DPR, Nancy Pelosi, juga meminta Weiner untuk mundur dari parlemen sebagai pertanggungjawaban karena bertindak tidak etis.

Sementara itu, Komisi Etik DPR Senin kemarin mulai menyelidiki apakah Weiner, politisi yang mewakili New York, telah melanggar kode etik dan mengabaikan tuntutan untuk mundur.

Bila Weiner segera mundur, penyelidikan otomatis terhenti. Namun, bila tetap bertahan di Kongres, Komisi akan membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi lebih lanjut, sehingga pada akhirnya mengadili Weiner terkait masalah pelanggaran etika. Namun, proses ini bisa berlangsung berbulan-bulan.

Sejauh ini, Weiner sudah minta maaf secara terbuka dan berjanji akan menjalani terapi sekaligus berupaya memulihkan kembali citranya. Namun, dia masih menolak untuk mundur secara sukarela. (art)

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan
[dok. KoinWorks]

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

KoinWorks, menjalin kemitraan strategis dengan PT Indonesia Distribution Hub alias IDH.ID, guna memberikan kemudahan pembayaran melalui layanan Pay Later

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024