DUNIA

VIDEO: Wanita Penghibur Indonesia di Belanda

Wanita penghibur ini merupakan korban kebengisan tentara Jepang.

ddd
Minggu, 17 Juli 2011, 12:43
Jugun Ianfu
Jugun Ianfu (cephasphotoforum.org)

VIVAnews - Sebanyak 18 potret perempuan Indonesia lanjut usia korban jugun ianfu (wanita penghibur masa penjajahan Jepang) dipamerkan di Museum Veteran Bronbeek, Kota Arnhem, Belanda. Foto-foto ini merupakan hasil proyek Troostmeisjes yang dilakukan jurnalis Hilde Janssen bersama fotografer Jan Banning sejak tahun 2007.

Melalui proyek ini, Hilde Janssen ingin dunia tahu bahwa banyak perempuan Indonesia yang dipaksa melayani nafsu birahi tentara Jepang. Kisah-kisah Troostmeisjes Indonesia, juga diangkat Hilde Janssen lewat bukunya yang berjudul 'Aib Tanpa Dosa' dan 'Kebisuan Jugun Ianfu di Indonesia tentang Masa Perang Kelabunya'.

Pameran foto di Museum Veteran Bronbeek ini merupakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya, foto-foto tersebut dipamerkan di kota Rotterdam dan ibu kota Indonesia, Jakarta.

Menurut Hilde janssen, selama ini pada umumnya warga Belanda hanya tahu bahwa perempuan-perempuan Belanda yang jadi korban kebengisan tentara Jepang. Maklum pelajaran sejarah di sekolah-sekolah Belanda sedikit saja mengangkat hal-hal terkait masa penjajahan di Indonesia.

Lihat videonya di sini.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
nomes
18/07/2011
kok,Kalo korban wanita penghibur belanda tidak ditampilkan ??
Balas   • Laporkan
TsarAlexander
17/07/2011
"Maklum pelajaran sejarah di sekolah-sekolah Belanda sedikit saja mengangkat hal-hal terkait masa penjajahan di Indonesia" mereka mencoba menghapus memori kejam penjajahan 350 tahun, dan sampai detik ini belanda tidak mengakui kemerdeaan 17-08-1945
Balas   • Laporkan
hadaya
17/07/2011
mana....? foto kebengisan penjajah Belanda selama 350 tahun....?
Balas   • Laporkan
jnck
17/07/2011
lagi2 negara lain yang ngangkat
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id