Kue Ini Jadi Makanan Terlarang di Somalia

Samosa
Sumber :
  • inmagine.com

VIVAnews - Jaringan militan Islam Somalia melarang pembuatan dan konsumsi Samosa, makanan ringan berbentuk segitiga dengan isian daging cincang dan sayur. Alasan, makanan itu terlalu kebarat-baratan dan terlalu berbau Kristen.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

Menurut harian Daily Mail, Selasa, 26 Juli 2011, kelompok militan Al-Shabaab mengumumkan larangan ini dengan menggunakan mobil berpengeras suara ke seantero negeri. Tidak ada penjelasan resmi dari Al-Shabaab mengenai alasan pelarangan makanan yang populer di negara-negara Afrika ini.

Beberapa surat kabar lokal meyakini, bentuk samosa yang segitiga dianggap oleh Al-Shabaab melambangkan konsep Trinitas dalam agama Kristen di Barat. Pemimpin Al-Shabaab memutuskan bahwa konsep tersebut menyinggung dan sangatlah tidak sesuai dengan Islam.

Sebuah surat kabar di Kenya melaporkan bahwa samosa sudah tak lagi ditemukan di kota Afgoye, Somalia. Hukuman berat akan dijatuhkan bagi siapapun warga Somalia yang ketahuan memasak, membeli, atau bahkan mengonsumsi samosa--yang di negara tersebut dikenal dengan nama sambusa.

Pelarangan samosa merupakan aturan nyeleneh paling baru yang dibuat Al-Shabaab, sebuah organisasi Islam garis keras yang terkait dengan Al-Qaeda. Sebelumnya, kelompok ini juga melarang penggunaan selimut saat bermain atau menyaksikan pertandingan sepakbola.

Akibat tidak berfungsinya pemerintahan di Somalia pasca perang saudara, kelompok Al-Shabaab berkuasa penuh di beberapa wilayah negara tersebut. Kelompok ini sering diprotes karena penerapan hukum syariah yang terlalu ketat serta perlakuan yang kurang manusiawi terhadap rakyatnya. (ren)

Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024