Korut-Korsel Adu Tembak di Laut Kuning

Bangkai kapal patroli Korsel yang ditembak oleh Korut
Sumber :
  • AP Photo/Lee Jae-Won, Pool

VIVAnews - Ketegangan kembali terjadi antara militer Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) di Laut kuning, Rabu, 10 Agustus 2011. Pemicunya, peluru artileri Korut jatuh di perairan dekat perbatasan kedua negara.

Menteri Pertahanan Korsel, Kim Min-seok, yang dikutip kantor berita Associated Press, mengatakan Korut menembakkan tiga artileri ke arah perbatasan utara Korsel di Laut Kuning. Tidak tinggal diam, militer Korsel langsung membalasnya dengan jumlah tembakan yang sama.

Semua tembakan artileri tersebut jatuh di laut. Tidak dilaporkan adanya korban terluka akibat insiden itu. Tembakan Korut jatuh di perairan dekat pulau Yeonpyeong yang sempat menjadi sasaran tembak November tahun lalu, menewaskan empat orang.

Seorang pejabat Kementerian Pertahanan yang tidak disebutkan namanya mengatakan tembakan terjadi secara tiba-tiba. kala itu kedua belah pihak tidak ada yang tengah melakukan latihan perang. Saat ini, militer Korsel tengah mencari motif yang melatarbelakangi penyerangan tersebut.

Garis perbatasan sengketa kedua negara di Laut Kuning kerap menjadi pemicu ketegangan sejak tahun 1999 yang menewaskan puluhan orang. Korut mengatakan garis batas seharusnya lebih ke arah selatan.

Namun, pihak Seoul menolak dengan mengatakan jika menuruti Korut maka sektor perikanan di lima pulau Korsel terancam. Selain itu, jika dituruti, maka akses ke pelabuhan Incheon menjadi tertutup. Ketegangan juga kerap terjadi lantaran kedua negara masih dalam keadaan berperang setelah Perang Korea 1950-1953 diakhiri dengan perjanjian gencatan senjata. (ren)

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan
PM Israel Benyamin Netanyahu bersama Batalion khusus Netzah Yehuda

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS

Netzah Yehuda merupakan salah satu empat batalion yang membentuk brigade infanteri Kfir. Batalyon tersebut sebagian besar beroperasi di Tepi Barat yang dikirim berperang.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024