VIDEO: Patung JP Coen Tumbang Sebelum HUT RI

Jan Pieterszoon Coen
Sumber :
  • /nl.wikipedia.org

VIVAnews - Patung bekas Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Jan Pieterszoon Coen yang berdiri di alun-alun Kota Hoorn, Belanda tumbang pada Selasa, 16 Agustus 2011 atau sehari sebelum peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-66. Bekas penguasa yang dikenal kejam ini jatuh akibat tersenggol mobil katrol Dinas PU Belanda.

Sebenarnya, pendirian patung perunggu ini ditentang beberapa kalangan. Sosok JP Coen dinilai sangat kejam saat berkuasa di Nusantara, sampai-sampai dia disetarakan dengan penjahat perang saat ini.

Semula, orang-orang menduga jatuhnya patung berusia 118 tahun ini disengaja. Pasalnya, patung yang terbilang berat ini jatuh hanya lantaran tersenggol katrol. Namun, sopir truk yang mengendalikan mobil katrol itu mengatakan hal itu benar-benar tidak sengaja. Akibat peristiwa ini, patung JP Coen rusak dan harus diperbaiki.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Lihat videonya di sini.

Pertamina berpartisipasi dalam Hannover Messe 2024

Pertamina Patra Niaga Beberkan Upaya Pemerataan Energi Indonesia di Hannover Messe 2024

PT Pertamina (Persero) dan PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading berpartisipasi dalam pameran industri terkemuka internasional, Hannover Messe 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024