FOTO: Menjajal Pesawat Buatan Kanada

Demo Terbang Pesawat Bombardier CRJ700 NextGen
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Perusahaan produsen pesawat terbang asal Kanada, Bombardier, memboyong pesawat tipe CRJ700 untuk diperkenalkan ke Indonesia. Pesawat ini adalah tipe kecil dari CRJ1000 yang coba ditawarkan Bombardier kepada maskapai Garuda Indonesia.

Pesawat tipe CRJ ini diklaim memiliki tingkat hemat bahan bakar dan operasional hingga 15 persen. Hal ini dikarenakan bobot pesawat yang lebih ringan dibandingkan pesawat penumpang sejenisnya. Menurut pantauan VIVAnews, ringannya pesawat membuat tinggal landas maupun pendaratan berlangsung dengan mulus.

Kendati ringan, turbulensi yang terjadi ketika di udara sangat minim. Suara mesin juga tidak terlalu kencang, emisi gas buang juga diklaim sedikit. Hal inilah yang membuat pesawat CRJ adalah tipe pesawat ramah lingkungan.

Kapasitas penumpang sekitar 66-78 penumpang. Selain tingkat kehematan, Bombardier juga mengusung kelebihan dalam letak bagasi yang lebih luas. Keseluruhan, Bombardier mengklaim tingkat keekonomisan pesawat ini dapat membuat maskapai menghemat hingga US$1 juta (Rp8,5 miliar).

Pesawat bermesin turbo CF34-8C5 buatan General Electric ini dibanderol seharga US$45 juta atau sekitar Rp385 miliar. Belum ada keputusan dari pihak Garuda apakah akan membeli pesawat ini atau tidak.

Untuk melihat foto-foto pesawat tipe CRJ, klik tautan ini. (eh)

Kondisi Terkini Wonderkid Timnas Indonesia Ronaldo Kwateh Usai Lama Tak Terdengar Kabarnya
Baterai Blade BYD

Baterai Baru BYD Siap Menggebrak Pasar Otomotif

BYD, raksasa otomotif dan baterai asal Tiongkok, mengumumkan peluncuran baterai blade generasi kedua yang dijadwalkan pada akhir tahun ini, kemungkinan pada bulan Agustus

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024