DUNIA

Dituding Berbahaya, China Protes Pentagon

Laporan itu dinilai tidak sesuai fakta dan tidak berdasar.

ddd
Jum'at, 26 Agustus 2011, 15:15
Para pejabat militer China berkumpul di Beijing
Para pejabat militer China berkumpul di Beijing (AP Photo/Greg Baker)

VIVAnews - Pemerintah China melayangkan protes resminya kepada Amerika Serikat terkait publikasi laporan tahunan militer Pentagon. China mengatakan laporan tersebut tidak benar, dan tidak berdasarkan fakta yang ada.

Dilansir dari laman Associated Press, Jumat, 26 Agustus 2011, China mengatakan bahwa laporan tersebut berpotensi merusak hubungan militer antara kedua negara yang tengah membaik. China membantah semua tuduhan bahwa perkembangan militer negaranya berbahaya bagi perdamaian di kawasan.

"Penilaian tahunan AS soal militer dan doktrin China sangat bertentangan dengan fakta, dan tidak memiliki dasar yang kuat," ujar pernyataan Kementerian Pertahanan China yang dibacakan oleh juru bicara Yang Yujun dan disiarkan di televisi nasional.

Dalam laporan Pentagon, perkembangan militer China dianggap membahayakan, terutama bagi negara-negara kontra China di kawasan, seperti Jepang dan Taiwan. Pentagon melaporkan, China berusaha mengejar ketinggalannya di bidang teknologi militer dengan menggelontorkan dana besar.

Pentagon memperkirakan, China mengeluarkan dana lebih dari US$160 miliar pada 2010 saja. Beijing, ujar Pentagon, tengah mengejar target militer modern pada 2020. Salah satu target utama China adalah membuat pesawat siluman, dan kapal induk sendiri. China protes keras atas laporan tersebut.

"Pihak China menyampaikan ketidakpuasan, dan penentangan yang keras atas laporan ini," ujar Yujun.

China menuduh laporan AS itu akan menimbulkan kekhawatiran yang tidak beralasan dari negara-negara tetangga. China mengatakan peningkatan teknologi militernya murni untuk pertahanan, bukan untuk mengintimidasi.

Kementerian pertahanan China juga beralasan peningkatan kemiliteran negaranya dilakukan seiring pertumbuhan ekonomi dan majunya riset negara tersebut.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com