Topan Talas Landa Jepang, 15 Tewas, 43 hilang

Prefektur Wakayama di Jepang dilanda topan Talas
Sumber :
  • AP Photo/Kiiminpo via Kyodo News

VIVAnews - Sebanyak 15 orang dilaporkan tewas, sementara 43 lainnya hilang saat topan Talas melintasi wilayah barat dan tengah Jepang pada Minggu, 4 September 2011. Angin kencang diiringi hujan lebat membuat beberapa daerah tertimpa longsor.

Dilansir dari laman Kyodo News, pemerintah langsung mengeluarkan perintah evakuasi terhadap 460.000 warga yang tinggal di sepanjang jalur perlintasan topan. Stasiun berita NHK TV memperlihatkan tayangan robohnya sebuah jembatan akibat terjangan banjir bandang. Beberapa warga terlihat bersusah payah mempertahankan payung mereka yang terenggut angin kencang.

Air sungai berwarna kecoklatan terlihat meluap hingga ke pemukiman warga. Banjir di beberapa daerah mencapai hingga lutut orang dewasa. Tim penyelamat menggunakan perahu karet mencoba mencari warga yang selamat.

Tiga rumah di prefektur Wakayama dilaporkan terkubur longsor. Prefektur ini adalah yang terparah dilanda topan dengan 10 orang tewas dan 32 lainnya hilang. Sementara korban lainnya berasal dari prefektur Nara.

Badan Meteorologi Jepang topan Talas yang merupakan topan ke 12 musim ini berjalan lambat ke arah utara melalui Laut Jepang. Topan dilaporkan melintasi pulau Shikoku di utara dan pulau Honshu pada Minggu malam.

Karena lambatnya laju topan, badan ini memperingatkan akan terus terjadinya hujan lebat dan angin kencang yang berpotensi menimbulkan banjir dan longsor.

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Bahlil Lahadalia merespons tudingan dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di MK. Ia dituding tak netral dengan mendampingi Gibran Rakabuming Raka ke Papua.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024