Hadapi Penjahat, Warga Sipil Dilatih Menembak

Polisi Meksiko berjaga-jaga di suatu lokasi kejahatan di Kota Ciudad Juarez
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Kota Garcia di Meksiko selama ini marak dengan aksi kekerasan dari para kriminal. Maka, pemerintah setempat berinisiatif melatih penduduk Garcia cara menggunakan senjata api agar bisa membela diri.

Menurut stasiun berita CNN, 8 September 2011, Walikota Jaime Rodriguez Calderon berpendapat cara itu akan efektif menekan angka kejahatan yang terjadi di kotanya. "Banyak yang menghubungi saya karena putra atau suami mereka diculik atau mobil mereka dicuri.

Saya lalu berpikir tentang cara supaya para penduduk bisa melindungi diri mereka sendiri," kata Rodriguez, yang mendapat julukan Bronco karena kepribadiannya yang kuat. Untuk tahun ini saja, Rodriguez sudah dua kali diincar gerombolan bersenjata.

Untuk itulah Rodriguez mengadakan program pelatihan khusus, yang bertujuan melibatkan penduduk dalam mempertahankan diri dari kejahatan di Garcia. Selain cara menggunakan senjata, rencananya ia juga akan mengajarkan pelatihan pertahanan diri yang lebih luas lagi.

Sejauh ini lebih dari 30.000 orang, yang memiliki izin bersenjata api di Garcia dan sekitarnya, sudah mendaftar. Latar belakang mereka bermacam-macam, mulai dari pensiunan militer, insinyur, guru, sampai ibu rumah tangga.

Tanggal program masih belum ditentukan. Namun Rodriguez mengatakan, program yang bersifat gratis ini akan diadakan di sebuah klub menembak lokal dengan menggunakan pistol berkaliber .22 untuk latihan.

Program ini bukanlah yang satu-satunya melibatkan penggunaan senjata di negara bagian Nuevo Leon. Saat ini para pejabat daerah setempat sedang mempelajari proposal program serupa yang bertujuan melonggarkan kepemilikan senjata.

Tindak kriminal memang marak di negara bagian Nuevo Leon yang berbatasan dengan Texas, AS. Angka tersebut mengalami kenaikan setelah dua kartel narkoba besar Gulf Cratel dan Geng Zetas bertikai akibat perebutan jalur dagang.

Update Rekapitulasi KPU: Prabowo-Gibran Unggul di Maluku
Ade Paloh

Profil Ade Paloh Vokalis Band Sore yang Meninggal Dunia

Dunia musik Indonesia berduka atas kepergian Ade Paloh, vokalis band Sore. Pemilik nama asli Firza Achmar Paloh tersebut meninggal dunia pada Selasa, 19 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024