Puncak Gerhana Matahari Dapat Dinikmati

VIVAnews - Detik-detik gerhana matahari cincin sempat terlihat, meskipun langit Jakarta sempat ditutupi awan tebal. Puncak gerhana pun sempat terlihat jelas.

Pantauan VIVAnews dari Planetarium dan Obeservatorium, Jakarta, Senin 26 Januari 2009, fenomena ini disaksikan sekitar 500 warga. Sebagian besar pengunjung adalah anak-anak.

Pada pukul 15.50 WIB bulan terlihat mulai bergerak menutupi matahari. Pada pukul 16.05 WIB, matahari mulai terlihat ditutupi bulan. Hampir separuh matahari terlihat gelap. Saat itu, pengunjung senang, karena sempat melihat peristiwa ini sekitar satu menit.

Pada pukul 16.25 WIB, cuaca kembali berbaik hati memperlihatkan gerhana. Matahari terlihat tertutup hingga tiga perempatnya. Pengunjung kembali tepuk tangan. Meski mereka hanya dapat menyaksikan sekitar 10 detik. Pengunjung di Planetarium semakin bertambah.

Pada pukul 16.29 WIB, matahari kembali terlihat. Kali ini sangat jelas. Matahari sudah sekitar 90 persen tertutup bulan. Kesempatan ini digunakan pengunjung untuk mengabadikan dengan kamera atau sekedar melalui kamera di ponselnya.

Cuaca semakin baik. Sekitar pukul 16.41 WIB, atau pada saat puncak gerhana, cuaca cerah. Fenomena alam ini dapat dilihat dengan jelas. Matahari tertutup bulan. Ada warna kuning di tengah merah. Peristiwa ini membuat suasana di Planetarium riuh. "Kereeennn..," ujar salah satu pengunjung.

Proses gerhana ini mulai terjadi sekitar pukul 15.21 WIB. Puncak gerhana atau saat bulan benar-benar menutupi matahari diperkirakan terjadi pada pukul 16.41 WIB.

Puncak gerhana ini akan berakhir pada pukul 17.15 WIB. Proses gerhana ini akan benar-benar berakhir pada pukul 17.50 WIB saat bulan benar-benar bergeser dan tidak terlihat lagi.

Di Jakarta, ratusan warga dengan antusias berduyun-duyun mendatangi Planetarium. Mereka berharap dapat menyaksikan fenomena alam ini meski dalam cuaca yang tidak mendukung.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina
Pemain Arsenal, Gabriel Magalhaes merayakan gol

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Bukayo Saka adalah salah satu pemain Arsenal yang kabarnya akan absen saat melawan Manchester City pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024