DUNIA

Kecelakaan Balapan Pesawat di AS, 3 Tewas

Puluhan penonton dilaporkan terluka, beberapa sekarat.
Sabtu, 17 September 2011
Oleh : Denny Armandhanu
Pesawat sipil

VIVAnews - Sebuah ajang balap pesawat terbang di Reno, Amerika Serikat, menjadi mencekam saat sebuah pesawat kuno era Perang DUnia II menghantam bangku penonton. Dilaporkan tiga orang tewas dan puluhan lainnya terluka, beberapa kritis.

Seperti diberitakan oleh Associated Press, kecelakaan terjadi pada Kejuaraan Balap Udara Nasional yang diselenggarakan Jumat 16 September 2011. Pesawat naas tersebut, P-51 Mustang, dikendarai oleh pilot veteran berusia 74 tahun, Jimmy Leeward.

Pesawat Leewald yang sedang melaju kencang mendadak berputar tidak terkendali dan langsung menghantam tribun penonton. Tidak ayal, ratusan penonton dengan telak terkena tubuh pesawat dan kepingan pecahan pesawat.

Seorang saksi mata, Maureen Higgins yang rutin datang menyaksikan pertandingan selama 16 tahun, mengaku terkejut dengan pemandangan yang dia lihat. Usai tabrakan, Higgins mengaku darah dan potong tubuh berserakan di mana-mana.

"Saya melihat banyak potongan tubuh dan pemandangan sadis lainnya, kau tidak akan percaya. Banyak penonton yang kehilangan anggota tubuh mereka," kata Higgins.

Menurut petugas medis, tiga orang dilaporkan tewas, sebanyak 56 lainnya terluka dan dibawa ke tiga rumah sakit. Sebanyak 15 korban luka dilaporkan dalam kondisi kritis, 13 di antaranya sekarat, 28 orang lainnya dilaporkan mengalami luka-luka ringan.

Presiden dan CEO Balapan Udara Reno, Mike Houghton, mengatakan pilot kemungkinan kehilangan kendali atas pesawat tersebut. Dia menjelaskan bahwa terdapat masalah teknis yang menyebabkan pesawat tidak bisa dikendalikan. Akibat peristiwa ini, seluruh pertandingan dibatalkan untuk dilakukan investigasi.

Kejuaraan Balap Udara Nasional di Reno menarik perhatian ribuan pengunjung setiap tahunnya pada September. Di acara ini, ditampilkan atraksi balapan kecepatan tinggi yang melibatkan semua jenis pesawat, mulai dari pesawat militer hingga pesawat sipil.

Salah satu aksi berbahaya yang sering ditampilkan adalah pesawat terbang rendah, sekitar 15 meter dari penonton, dengan kecepatan hingga melampaui 800 km per jam. Kecelakaan kali ini adalah yang terparah selama puluhan tahun acara diselenggarakan. Beberapa kecelakaan terjadi pada 2007 dan 2008 yang menewaskan empat pilot.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found