Jurus Canon Atasi Krisis Kependudukan

Pulangkan Staf Lebih Awal untuk Beranak-pinak

VIVAnews - Belakangan ini muncul pemandangan "aneh" di kantor pusat Canon, di Tokyo. Tepat pukul 17.30 semua staf berhamburan keluar gedung kantor, pulang ke rumah.

Di Jepang - negara yang rata-rata warganya doyan kerja lembur - bisa pulang jam segitu bukanlah kebiasaan umum. Itu adalah kebijakan khusus dari perusahaan elektronik Canon untuk para stafnya, yang rata-rata telah berumah tangga.

Mereka disuruh pulang lebih awal - dua kali dalam satu pekan - agar bisa indehoy dengan suami atau istri di rumah. Dengan demikian, mereka bisa memberi atau menambah keturunan, seperti yang didamba-dambakan pemerintah Jepang kepada rakyatnya.

"Canon punya komitmen kuat dalam mensukseskan program keluarga berencana," kata juru bicara Canon, Hiroshi Yoshinaga, kepada stasiun televisi CNN. Program keluarga berencana yang dimaksud adalah menghasilkan anak, kalau bisa lebih dari satu. "Memulangkan pekerja lebih awal agar bisa lebih lama bersama dengan keluarga merupakan bagian dari program itu," lanjut Yoshinaga.

Selama bertahun-tahun pemerintah Jepang resah dengan rendahnya tingkat kelahiran bayi. Menurut data dari Kementrian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan, tingkat kelahiran bayi tahun lalu hanya 1,34 persen. Itu masih di bawah standar yang diinginkan, yaitu 2 persen.

Apa jadinya Jepang di masa depan bila lebih banyak dihuni oleh orang jompo ketimbang warga usia produktif? Maka, demi meredakan kekhawatiran pemerintah, kelompok pebisnis terbesar di Jepang, Keidanren, telah mengeluarkan anjuran untuk 1.300 anggota untuk mendorong para pekerja mereka pulang ke rumah lebih awal demi bisa berkumpul dengan keluarga.

Maka, dalam rangka memperlancar kebijakan "Pulang Jam 17.30," Canon mematikan semua lampu di ruang kerja. Efek sampingnya, Canon bisa menghemat biaya listrik di tengah krisis keuangan global.   

Pekerja yang ingin pulang cepat pun juga tak lagi merasa sungkan. "Enak juga nih kita bisa pulang lebih awal tanpa merasa malu," kata seorang staf bernama Miwa Iwasaki.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024