Gratiskan Siaran, Mantan Menteri Mesir Dibui

Mantan Menteri Penerangan Mesir, Anas El-Fiki
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Mantan Menteri Penerangan Mesir dihukum tujuh tahun penjara karena dinilai merugikan negara. Dia dilaporkan menggratiskan siaran pertandingan sepakbola yang seharusnya memberi pemasukan negara hingga miliaran rupiah.

Menurut laporan pengadilan, dilansir dari stasiun berita CNN, Rabu 28 September 2011, Mantan Menteri Penerangan Mesir Anas El-Fiki telah membebaskan biaya penyiaran Liga Sepak Bola Mesir musim 2009 dan 2010, serta musim awal 2011, yang disiarkan oleh sebuah stasiun televisi olahraga lokal.

Akibat tindakannya ini, dia dikenai dakwaan sengaja merugikan Serikat Radio dan Televisi Mesir. Kerugian yang diakibatkan El-Riki diperkirakan mencapai 10 juta pound Mesir (Rp15 miliar) dari siaran yang selama ini menjadi salah satu sumber pemasukan terbesar.

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng

Tak hanya itu, serikat juga kehilangan keuntungan dari biaya produksi dan peralatan yang diperlukan untuk menyiarkan turnamen sepak bola paling bergengsi di Mesir tersebut.

Sementara itu Osama Al-Sheikh, mantan ketua serikat radio dan televisi Mesir diganjar hukuman lima tahun penjara atas keterlibatannya dalam korupsi pembelian hak siar opera sabun, seperti dilansir dari harian Saudi Gazette.

Pengadilan dua mantan petinggi Mesir ini adalah salah satu dari upaya pemerintahan baru yang dipimpin militer untuk menghapuskan kebobrokan rezim Hosni Mubarak. Mubarak sendiri saat ini tengah diadili untuk kasus korupsi, penyalahgunaan kekuasaan, dan keterlibatan dalam pembunuhan 800 orang demonstran.

Kemenkominfo gelar nobar webinar

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"

Kemenkominfo mengadakan kegiatan webinar “Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital” dalam rangka meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024