DUNIA

Pasukan Suriah Kuasai Sebagian Kota Rastan

Setelah berjuang melawan tentara pembelot selama lima hari.

ddd
Sabtu, 1 Oktober 2011, 22:19
Demonstran Lebanon dan Suriah dalam aksi solidaritas terhadap pengunjuk rasa anti-pemerintah Suriah
Demonstran Lebanon dan Suriah dalam aksi solidaritas terhadap pengunjuk rasa anti-pemerintah Suriah (REUTERS/ Omar Ibrahim)

VIVAnews - Pasukan Suriah berhasil menguasai sebagian besar Kota Rastan setelah berjuang melawan tentara pembelot dan bersenjata selama lima hari. Hal ini diungkapkan oleh seorang aktivis yang berbasis di Inggris, Sabtu, 1 Oktober 2011.

Dikutip dari laman Reuters, Kepala Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (HAM), Rami Abdel-Rahman mengungkapkan, pasukan Suriah telah dikerahkan di sekitar 80 persen Kota yang terletak di utara Damaskus tersebut, menyusul pengiriman 250 tank pada Jumat lalu.

Abdel-Rahman menjelaskan, pihaknya kesulitan berkomunikasi dengan orang-orang yang berada di Kota Rastan. Namun, seorang warga yang berhasil melarikan diri pada Sabtu dini hari, melaporkan telah terjadi pertempuran hebat selama semalaman.

Kota Rastan telah menjadi saksi konfrontasi bersenjata berkepanjangan pertama antara pemberontak dan pasukan yang loyal terhadap Presiden Suriah, Bashar al-Assad. Seperti diketahui, selama enam bulan ini, para pemberontak menyerukan penggulingan Bashar al-Assad dari jabatannya sebagai presiden.

PBB mencatat setidaknya 2.700 orang telah tewas menyusul tindakan keras Assad mengatasi kerusuhan. Namun, pemerintah Suriah menyalahkan kekerasan pada geng bersenjata didukung oleh pasukan asing. Pemerintah juga mengklaim sebanyak 700 polisi serta tentara Suriah telah tewas. (eh)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com