Di China, Obama + KFC Jadi UFO

Obama Fried Chicken
Sumber :
  • Weibo

VIVAnews - China selama ini selalu membuat pusing perusahaan-perusahaan ternama dunia. Bagaimana tidak, berbagai produk mereka tiru habis-habisan. Tak hanya penampilan produk; merek, warna, slogan, sampai format toko ritel dijiplak tanpa ampun.

Meski pemalsuan telah begitu mewabah, ulah seorang pemilik toko ayam goreng di pinggiran Ibu Kota Beijing, membuat orang di seluruh dunia geleng-geleng kepala heran.

Maju Pilkada Kalsel 2024, Pasangan Muhidin-Hasnur Kantongi Restu Haji Isam

Bayangkan saja, untuk menarik pelanggan, pengusaha itu "mengawinkan" Presiden Amerika Serikat Barack Obama dengan merek ayam goreng ternama, Kentucky Fried Chicken (KFC).

Papan namanya mirip seperti papan nama KFC. Yang berbeda, kepala Kolonel Sanders mereka ganti dengan wajah Obama yang tersenyum lebar.

Foto papan nama toko itu menyebar di Internet dan lalu menarik perhatian dunia. Media-media ternama, seperti CNN dan Al Jazeera, menurunkan berita tentang perusahaan bengal itu. 

Alih-alih kapok, pemiliknya lalu memutuskan mengganti nama toko, dari Obama Friend Chicken, atau disingkat OFC, menjadi UFO. Ini mereka lakukan untuk menghindari tuntutan hukum dari KFC.

Saat dimintai keterangan, pemilik toko jaringan ini, Zhu Baolai (21), mengatakan dia membuka toko itu untuk mencari uang sekaligus pengalaman. Mahasiswa tahun ke dua di sebuah universitas di China itu mengaku desain logo itu adalah refleksi bentuk kekagumanya kepada Obama.

"Menurutku, Obama punya senyum yang indah. Dia terlihat baik. Aku berharap dia bisa membuat tokoku laris, seperti halnya dewa uang," kata Zhu seperti dimuat Big Pond News, 13 Oktober 2011.

Tak hanya KFC yang jadi korban penjiplakan ini. Apple dan toko furnitur IKEA juga dipalsu habis di China. Belum lama ini polisi di Shanghai telah menahan lima orang karena membuat ratusan iPhone untuk dijual di toko yang juga menjiplak habis-habisan Apple Store. (kd)

Erik Ten Hag Bongkar Penyebab Antony Ledek Pemain Converty
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menlu Singapura Vivian Balakrishna

Menko Airlangga Bertemu Menlu Singapura, Optimis Kerja Sama Bilateral Kedua Negara Terjalin Kuat

Kedua Menteri tersebut optimis bahwa hubungan ekonomi Indonesia Singapura terus terjalin kuat melalui berbagai kerja sama bilateral yang potensial.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024