Politisi Juga Musisi, Bill Clinton Sampai SBY

Susilo Bambang Yudhoyono memainkan gitar
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Hampir dua periode menjabat, sudah empat album musik yang dihasilkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Yang terakhir adalah album bertajuk Alam, Cinta dan Kedamaian, Harmoni Tembang Untuk Bangsa" yang diluncurkan di Taman Ismail Marzuki, Senin 31 Oktober 2011.

Sejumlah musisi ternama, seperti Afgan, didaulat sebagai pengisi suara. "Beliau ingin menyampaikan pesan. Tentu kalau melalui lagu itu akan lebih mudah diserap dan lebih masuk daripada dipidatokan," ujar Jero Wacik, mengungkap alasan SBY membuat album.

"Orang Indonesia sudah tidak begitu suka dipidatokan. Tetapi kalau melalui lagu, betapa indahnya dunia ini, betapa mudahnya Indonesia maju kalau kita bersatu padu," lanjut mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata ini.

Pada Kamis 3 November 2011, Telegraph mengeluarkan sejumlah politisi yang juga musisi, termasuk SBY. Juga ada dalam daftar adalah Bill Clinton, Presiden AS ke-42 yang ternyata berbakat memainkan saksofon.

Berikut daftar sejumlah politisi yang ternyata hobi bermusik, meski kebanyakan tak sampai merasa perlu mengeluarkan album. Kecuali, SBY dan PM Italia Silvio Berlusconi:

Bill Clinton

Ia mulai memainkan saksofon saat SMA di Hot Springs, Arkansas. Awalnya ia melirik karir sebagai pemusik, namun akhirnya banting setir menjadi politisi. Pilihannya tak salah, ia mencapai karir puncak sebagai Presiden Amerika Serikat. "Saya sangat suka musik, dan sepertinya saya seorang musisi yang baik. Namun saya sadar, tak bakal bisa menjadi John Coltrane atau Stan Getz," kata Clinton dalam autobiografinya.

Penulis, Toni Morrison menyebut saksofon adalah elemen pembentuk karakter Clinton. Ia bahkan menyebut Clinton sebagai "the first black president" pada 1998.

Tony Blair

Cara favorit mantan Perdana Menteri Inggris melepaskan ketegangan itu adalah bermain gitar elektrik. Saat masih jadi mahasiswa Oxford University, ia membentuk band bernama "Ugly Rumour". Ia terpaksa berhenti bermimpi jadi musisi rock and roll dan terjebak dalam karir politiknya.

Stephen Harper

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Perdana Menteri Kanada ini bisa bermain piano, juga menyanyi. Pada 2009, ia membuat para hadirinĀ  National Arts Centre Gala di Ottawa berdiri dan bertepuk tangan -- setelah penampilannya yang mengejutkan, bermain piano dan menyanyikan lagu Beatles "With a Little Help from My Friends".

Condoleezza Rice

Mantan Menteri Luar Negeri era George W Bush itu pernah bermimpi menjadi pemain piano profesional. Namun, pada akhirnya ia memilih kuliah di jurusan hubungan internasional dan ekonomi. Meski terjun ke dunia politik, kemampuannya bermain piano tetap mumpuni.

Pada Juli 2010, ia berkolaborasi dengan Aretha Franklin di Philadelphia, berduet lagu "Say a Little Prayer for You".

Silvio Berlusconi

Musik menjadi pelarian bagi PM Italia, Silvio Berlusconi saat menghadapi kasus seks dan skandal PSK di bawah umur.

Namun, ia terpaksa menunda rilis CD terbarunya, yang berisi lagu-lagu cinta Neapolitan, untuk menghormati krisis politik dan ekonomi yang melanda Italia.

CD tersebut tadinya akan diluncurkan September. Album bertajuk "True Love" itu berisi 11 lagu yang dinyanyikan Mariano Apicella, penyanyi asal Naples yang secara de facto disebut 'penyanyi pribadi' Berlusconi. Ini adalah kolaborasi kelimanya dengan penyanyi tersebut. (umi)

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024