Obama Beri Selamat Pemilu Damai di Irak

VIVAnews - Presiden Amerika Barack Obama memuji suksesnya pelaksanaan pemilihan umum yang telah berlangsung damai di Irak. Obama pun mengucapkan selamat kepada warga Irak yang telah memberikan suaranya dalam Pemilihan Umum pertama sejak 2005 itu.

Obama menilai, Pemilihan Umum ini merupakan langkah maju yang sangat penting bagi kepastian kelangsungan hidup di Irak. Bahkan Perdana Menteri Irak Nouri Maliki menyebut kesuksesan ini sebagai kemenangan bagi seluruh warga Irak.

"Saya mengucapkan selamat kepada warga Irak yang secara signifikan telah menjalankan Pemilihan Umum hari ini," ujar Obama, Minggu 1 Februari 2009. Ribuan tentara dan polisi sudah menjaga ketat selama Pemilihan Umum berlangsung.

Pemilihan Umum yang berlangsung damai itu juga dilakukan di berbagai lokasi, termasuk area mayoritas warga Sunni yang sebelumnya memboikot. Sebanyak 14 provinsi di Irak menjalani pemilu yang secara umum dilaporkan berlangsung damai. Total jumlah provinsi di Irak sendiri mencapai 18 provinsi.

Sebanyak sekitar 15 juta warga Irak memiliki hak memilih dalam Pemilihan Umum ini. Pemilihan daerah ini merupakan pertarungan 14.000 kandidat untuk merebut 440 kursi.

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi

Sumber: BBC

Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Kubu 03 Ganjar-Mahfud menyampaikan argumen Pilpres 2024 sudah disiapkan skenario dua putaran. Maka itu, tak ada masalah dengan pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024