DUNIA

Mesin Potong Canggih Hewan Kurban di Saudi

Di wilayah Muaysem, pejagalan memiliki total kapasitas menyembelih 650 ribu hewan.
Minggu, 6 November 2011
Oleh : Karaniya Dharmasaputra
Perkemahan jemaah haji di Mina, Saudi Arabia

 

VIVAnews - Rumah-rumah pejagalan di Mina, Arab Saudi, dan sekitarnya, punya persiapan khusus menghadapi Hari Raya Idul Adha, di mana para jemaah haji akan berbondong-bondong memotong hewan kurban. 

Untuk itu, pemerintah kota Mina, Arab Saudi, melengkapi 5 unit pejagalan di wilayah Muaysem dengan teknologi potong hewan tercanggih. Dengan itu, rumah-rumah pejagalan itu memiliki total kapasitas untuk menyembelih 650 ribu kepala hewan sekaligus.

"Pemerintah kota bermaksud menjadikan ritual kurban para jemaah haji bebas-hambatan dan pada saat yang bersamaan mencegah timbulnya isu lingkungan hidup atau ancaman higienis," kata Walikota Mekkah Osama Al-Barr, Sabtu waktu setempat, 6 November 2011.

Untuk itu, pemerintah telah mendirikan 57 pos pemeriksaan di semua gerbang masuk ke daerah suci untuk mencegah binatang-binatang yang kena penyakit memasuki rumah pejagalan, demikian dijelaskan Walikota.

"Itu meliputi 12 pos pemeriksaan di timur Jembatan King Faisal, enam di selatan ke arah Aziziyah, lima di barat setelah Jamarat Al-Aqabah, enam di utara di Al-Ghasslah, dan 10 lainnya di jalan menuju Pejagalan Al-Aseela," katanya.

Lebih dari 600 petugas keamanan disiagakan untuk mengawasi masuknya hewan kurban ke daerah-daerah suci.

Dia menambahkan bahwa hewan-hewan yang sakit akan dikarantina di wilayah khusus dan pedagang yang membawa mereka akan dikenai hukuman. (Sumber: Arab News)

 

 

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found