Rusia Ikut Rayakan Hari Jadi RS Persahabatan

RS Persahabatan
Sumber :

VIVAnews - Duta Besar Rusia Alexander A. Ivanov mengungkapkan kegembiraannya karena tradisi yang sejak dulu berjalan di bidang kesehatan antara Indonesia dan Rusia masih berjalan dengan baik. Buktinya, Rumah Sakit Persahabatan yang merupakan bentuk kerjasama antara kedua negara masih kokoh berdiri hingga kini.

"Ini adalah tradisi yang baik, kita berkumpul di tempat yang indah. Dulu Republik Sosialis Soviet menyerahkan rumah sakit ini ke Indonesia, dan saya senang tradisi yang dulu ditanamkan masih ada sampai sekarang," kata Ivanov ditemui di perayaan 48 Tahun Rumah Sakit Persahabatan Jakarta, Rabu 9 November 2011.

Baru-baru ini Ivanov mengadakan pertemuan produktif dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, membahas tentang kerjasama berbagai bidang. Menurutnya, dalam bidang kesehatan Rusia dan Indonesia siap mengembangkan kerjasama dalam suplai obat, peralatan kedokteran, dan cara mengatasi epidemi penyakit.

"Bentuk kerjasama yang lain adalah kerjasama dokter dan perawat dalam situasi darurat, termasuk bencana alam. Kami sudah melihat usaha teman-teman Indonesia di rumah sakit saat ada bencana alam di Nias kemarin. Ada banyak pengalaman yg bisa kami percayakan pada mitra kami dari Indonesia," tambahnya.

Nama Rusia memang tak bisa dilepaskan dari sejarah RSUP Persahabatan. Pembangunan rumah sakit yang awalnya merupakan rumah sakit satelit dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo pada 1961 ini dipimpin langsung oleh para insinyur Rusia.

Penyerahan bantuan rumah sakit secara resmi oleh Pemerintah Rusia kepada Pemerintah Indonesia dilakukan pada tanggal 7 November 1963. Tanggal tersebut kemudian dikenal sebagai hari jadi RS Persahabatan, yang setiap tahun dirayakan secara resmi dengan kehadiran wakil pemerintahan Indonesia dan tentu saja kehadiran perwakilan dari Kedutaan Besar Rusia sebagai tamu tetap. (eh)

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat
Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024