Di Italia

Pesawat Hantam Kabel Kereta Gantung, 20 Tewas

VIVAnews – Sedikitnya 20 orang tewas saat pesawat terbang NATO menghantam tali kereta gantung di Italia pada 3 Februari 1998.

Catherine Wilson Ngaku Malu, Mobil Pemberian Idham Masse Ditarik Pihak Leasing

Kecelakaan tersebut terjadi di resort Cavalese tidak jauh dari kota Trento, Italia. Kedua puluh turis, yang mayoritas warga Jerman, sedang menaiki kereta gunung menuju Gunung Cermis saat kecelakaan terjadi.

Saat kereta berada di ketinggian, sebuah pesawat terbang NATO terbang rendah dan menghantam tali yang menahan kereta. Akibatnya, kereta gantung naas tersebut jatuh dan langsung terhempas ke tanah.

Pengakuan Jujur Shin Tae-yong Usai Ernado Ari Gagalkan Penalti Australia

Menurut Kantor Berita BBC, saat ditemukan kondisi kereta dan para turis sangat mengenaskan. Keempat dinding kereta hancur dan kedua puluh turis tewas terhimpit di bawah panel baja. Satu kereta gantung lain yang berjalan berlawanan berhasil selamat setelah sempat tergantung selama empat jam.

Pesawat NATO sendiri berhasil selamat setelah mendarat darurat di pangkalan udara Aviano di Italia utara. Setahun kemudian, Kapten Richard Ashby, pilot pesawat, diadili di Kamp Lejeune di Amerika Serikat.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Jaksa militer menuduh Ashby terbang terlalu cepat dan rendah serta melakukan manuver yang tidak lazim.  Namun tuduhan tersebut dibantah Ashby yang menyalahkan kerusakan instrumen pesawat sebagai penyebab kecelakaan.

Setelah menjalani persidangan selama setahun, pada bulan Maret 1999, pengadilan militer AS akhirnya membebaskan Ashby karena tidak terbukti melakukan pembunuhan. Namun, selang dua bulan, Ashby kembali ditangkap karena terbukti menyembunyikan bukti video yang merekam aktivitas pesawatnya saat terjadi kecelakaan.

Hartono Bersaudara, Pemilik Klub Sepak Bola Italia Terkaya

Hartono Bersaudara, Pemilik Klub Sepak Bola Italia Terkaya

Selama lebih dari sepuluh tahun, konglomerat Hartono Bersaudara yakni Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono adalah orang terkaya di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024