VIDEO: Sakit Aneh, Mencabuti Rambut Sendiri

wanita rambut indah
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Rambut yang lebat dan sehat adalah dambaan setiap orang. Dengan berbagai cara, kita berusaha merawat di mahkota kepala ini agar tidak rusak dan rontok. Namun, hal ini tidak berlaku bagi penderita trikotilomania.

Penyakit ini merupakan gangguan perilaku dengan ciri penderita ini tidak sadar terus menarik rambutnya hingga menimbulkan kebotakan di beberapa sisi kepala. Tak hanya rambut di kepala, penderita juga suka menarik rambut di alis, dan bulu-bulu di seluruh tubuhnya.

Diperkirakan lebih dari lima persen penduduk dunia yang mengidap penyakit aneh ini dan mayoritas adalah perempuan. Gangguan ini diduga dipicu oleh stres. Untuk melihat videonya, klik di sini.

Rasio Utang Pemerintah 2025 Ditargetkan Naik Jadi 40 Persen, Kemenkeu Buka Suara

Para ahli masih memperdebatkan penyakit ini. Ada ahli yang mengelompokkan penyakit ini sebagai kelainan perilaku juga kebiasaan. Di kelompok ini ada penyakit lain seperti kleptomania, kebiasaan berjudi, dan pyromania (kelainan psikologis yang ditandai dengan gejala penderita seringkali menyulut api untuk meredakan ketegangan).

Namun, ada juga ahli yang mengelompokkan trikotilomania ke dalam kelainan adiksi (kecanduan) dan penyakit OCD (Obsessive Compulsive Disorder).

Suzuki Luncurkan Skuter Matik Baru Rp24 Jutaan
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Menkes: Kalau Mau Mencapai Indonesia Emas 2045, Masyarakat Harus Sehat dan Pintar

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan anggaran Kementerian Kesehatan agar didahulukan daripada pendidikan. Hal itu disampaikan Menkes saat Jokowi hadiri raker

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024