DUNIA

FOTO: "Patung Hidup" di Museum Juming

Museum Juming berisi karya-karya patung unik dari berbagai macam bahan.
Minggu, 20 November 2011
Oleh : Elin Yunita Kristanti
Koleksi Taichi Juming Museum

VIVAnews -- Museum seni yang tertelak di New Taipei ini menjadi salah satu andalan wisata Taiwan. Namanya, Museum Juming. Berisi karya patung dari berbagai macam bahan: perunggu, batu, keramik, stainless steel, bahkan steorofoam.

Koleksi Juming Museum 1

Sebagian besar koleksi berada di luar ruangan. Termasuk yang bertemakan Taichi -- yang pernah dipamerkan di sejumlah kota penting di seluruh dunia.

Koleksi Juming Museum 5

Ju Ming, sang seniman, juga membuat serial karya bertema "Living World", menggambarkan kehidupan manusia di zaman modern. Berdasarkan pengamatannya selama berada di luar negeri. Ia juga menciptakan karya bertema tentara Republik China, atau dikenal dengan Taiwan.

Koleksi Juming Museum 6

Nama asli Ju Ming adalah Ju Chuan-tai, ia lahir di Mialoi, Tongsiao pada 1938, sebagai anak kesebelas dari keluarga miskin. Seperti yang tertera dalam museum Ju Ming, pada usia ke-15, ia bergabung dalam proyek renovasil Kui Cihui. Ia berhenti dari pekerjaannya sebagai kasir dan menjadi murid seniman, Lee Chin-cuan, selama 3 tahun, empat bulan.

Pada 1961, ia menikahi gadis sekampung halaman. Sebuah patung berjudul “A Girl Playing with Sand” ia persembahkan sebagai tanda cintanya. Alhasil, itu menjadi salah satu karya terbaiknya -- yang membuatnya tenar.   

Ketekunan dan karyanya yang unik dan berkarakter adalah salah satu faktor yang membuat nama Ju Ming mendunia.

Koleksi Juming Museum 4

"Dengan usaha keras, bebek jelek bisa berubah menjadi angsa yang anggun," kata dia saat menerima gelar doktor kehormatan bidang seni dari Fu Jen Catholic University. (eh)

Koleksi Juming Museum 2

 

Koleksi Juming Museum 3

 

TERKAIT
    Error

    An Error Was Encountered

    The configuration file ../../shared/config/ads/Array.php does not exist.