Mogok Kerja Massal, Portugal Hari Ini Lumpuh

Mogok massal Portugal
Sumber :
  • REUTERS/Hugo Correia

VIVAnews - Serikat buruh di sejumlah tempat di Portugal menggelar aksi mogok kerja, 24 November 2011. Mereka memprotes kebijakan pemerintah melalui penghematan ketat sebagai konsekuensi dana talangan dari Uni Eropa dan IMF.

Aksi itu membuat aktivitas transportasi publik di Ibukota Lisbon lumpuh. Pabrik-pabrik di beberapa kota di Portugal juga berhenti, dan beberapa jadwal penerbangan dari dan ke Lisbon dan Porto juga dibatalkan.

"Ada sentimen kuat dari kemarahan, yang telah membuat kita merenungkan banyak tentang situasi," kata Kepala Serikat Pekerja CGTP Manuel da Silva Carvalho seperti dilansir kantor berita Reuters.

Ia mengatakan, kebanyakan para pekerja yang ikut turun dalam aksi protes itu berasal dari sektor transportasi, termasuk Autoeuropa Volkswagen yang menghentikan produksi.

"Pemogokan adalah umum, serangan itu adalah global, demonstran meneriakkan protes di bandara Lisbon, apa yang mereka katakan merupakan serangan terhadap hak-hak para pekerja," ujarnya.

Sebelumnya dana talangan itu dirancang untuk menyelamatkan Portugal dari krisis ekonomi yang tengah mendera negara di Eropa. Namun kebijakan tersebut justru berdampak pada 11 juta orang kehilangan pekerjaan, kenaikan pajak, dan pemotongan gaji pegawai.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

Kebijakan tidak populer itu disepakati antara Portugal dengan Uni Eropa, Bank Sentral Eropa, dan IMF sebagai konsekuensi memperoleh dana talangan.

Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024